MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI TARI GIRING-GIRING PADA ANAK USIA DINI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING DI TK TANJUNG SARI BANJARMASIN

Rahmani Rahmani

Abstract


Salah satu caranya adalah dengan cara mengembangkan kreativitas mereka melalui proses yang nyata dan bisa dipahami oleh mereka. Permasalahan di lapangan yaitu di TK Tanjung Sari yang diamati dengan seksama ditemukan bahwa 1) pembelajaran dalam proses menari berpola pada gerakkan monoton pada cara memberikan pengajaran dalam proses pengembangan kemampuan diri mereka terutama dalam menari 2) kurang mengembangkan daya imajinasi terutama berhubungan dengan cara mengembangkan daya pikir mereka dalam proses menari 3) anak kurang diberikan perhatikan terhadap kemampuan mereka dalam proses menari di dalam kelas, sehingga mereka kurang kreatif. Tujuan penelitian untuk mengetahuai aktivitas Anak Usia Dini Menari Tari Giring-Giring Pada Anak Usia Dini Melalui model Coopertive Learning di TK Tanjung Sari Banjarmasin. Peningkatan kemampuan Menari Tari Giring-Giring Pada Anak Usia Dini Melalui model Coopertive Learning di TK Tanjung Sari Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan oleh guru kelas. Subjek penelitian ini Anak yang bersekolah pada TK Tanjung Sari menjadi target penelitian ini adalah 15 orang. Dalam menggali data ini digunakan 2 cara yaitu tes dan observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini dilihat dari aktivitas guru mencapai 80% dalam menerapkan model Inkuiri kepada anak dalam melaksanakan Tari Giring-Giring. Anak mampu mengikuti Tari Giring-Giring yang diajarkan oleh guru. Anak mampu meningkatkan kemampuan anak belajar Tari Giring-Giring berdasarkan langkah yang diberikan dalam tari tersebut. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara mengalisis secara kualitatif dan kuantitatif berupa aktivitas guru dan aktivitas siswa serta dari hasil gerakkan anak dalam melakukan tari Tari Giring-Giring. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil penelitian secara keseluruhan sudah sangat aktif yaitu 92.2% dalam mengembangkan diri mereka lebih baik lagi dalam belajar tari giring-giring. Hasil tingkat kemampuan anak dalam belajar tari tari giring-giring masih sudah mampu dalam melakukan gerakkan tersebut hanya mencapai 96,7%.

Keywords


Tari Giring-Giring; Model Cooperative Learning

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu & Widodo, Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta. Arends, R. 2003. Classroom Instructional and Management. New York: McGraw. Hill Comapanies.

Depdiknas 2005. Modul Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas

Emiliani, 2000. Aktivitas Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Restu Agung

Hadis, F.A. 2006. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta : Proyek Pendidikan Tenaga Guru Ditjen Dikti Depdikbud.

Hibana S. Sahman. 2002. Konsep Dasar Pendidkan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press Isjoni. 2009. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kartono, Kartini. 1986. Psikologi Anak. Bandung : Alumni.

Maxim, George. W. 1985. The Very Young Guiding Children from Infancy through the Early Years, Second Edition.California : Wodsworth Publishing Company.

Munandar, Utami. 1995. Dasar-dasar Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta : Dirjen Dikti Depdikbud.

Rachmawati, Yeni, & Kurniati, Euis. 2003. Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta. Dikti.

Roopnaire, J. L & Johnson, J.E. 1993. Approaches to Early Childhood, Education, 2nd Edition. New York : Merril.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran cet Ke-5. Jakarta: Kencana.

Santrock, J.W, & Yussen, S.R. 1992. Child Development, 5 th Ed. Dubuque, IA, Wm, C.Brown.

Seifert l.K. & Hafftong, J. R. 2001. Child & Adolescent Development, Second Edition. Boston : Houghton Mifflin Co.

Solehuddin, M. 2007. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung : FIP UPI.

Spodek, Bernard. (1993). Handbook of Research on the Education of Young Children. New York : MacMillan Publishing Company.

Suharsimi Arikunto. 2005. Metode Penelitian PTK. Bandung: Rosada Karya

Sukmadinata, Nana S. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung.

Vasta R & Haith, M.M & Miller, S. A. (1992). Child Psychology The Modern Science. Canada : John Wiley & Sons, Inc.

Yusuf, Syamsu. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.