FORMULASI STRATEGI PENGEMBANGAN MUSEUM HUTA BOLON SIMANINDO

Markus B.T Sirait

Abstract


Museum Huta Bolon adalah sebuah perkampungan di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir yang memiliki perpaduan potensi alam dan budaya sehingga dibuka menjadi museum umum. Penurunan tingkat kunjungan wisatawan dalam empat tahun terakhir berdampak pada pengelolaan museum tersebut. Diperlukan strategi pengembangan sebagai upaya mengalokasikan sumber daya dan potensi yang dimiliki dalam meningkatkan performa dan produktifitas pengelolaannya untuk dapat kembali menarik minat kunjungan wisatawan. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan eksternal dalam upaya pengembangan museum, kemudian merumuskan formulasi strategi pengembangan Museum Huta Bolon. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis menggunakan analisis SWOT.


Keywords


Formulasi, Strategi Pengembangan, SWOT

Full Text:

PDF

References


Amornpinyo, Nath. 2016. The Strategic Development for Enhancing Competitiveness of the Community Entrepreneur: A Study of the Ban Chiang World Heritage Site Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities Vol. 24 (S), January. Universiti Putra Malaysia Press.

Ben, Sarbini Mbah. 2010. Paradigma Baru Pariwisata: Sebuah Kajian Filsafat. Kaukaba Dipantara. Yogyakarta.

Cevirgen, Aydin, Muhammet Kesgin & Ismet Kaya. 2008. The Effect of Service Quality Perceptions on Visitor Satisfaction: An Empirical Study in Alanya Castle dalam International Tourism Conference Alanya, Turkey.

Creswell, John W. 2015. Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches, Third Edition, terjemahan Ahmad Lintang Lazuardi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Damanik, Phil Janianton. 2013. Pariwisata Indonesia: Antara Peluang dan Tantangan. Pustaka Pelajar (Anggota IKAPI). Yogyakarta.

Darsoprajitno, H. Soewarno. 2002. Ekologi Pariwisata: Tata Laksana Pengelolaan Objek dan Daya Tarik Wisata. Angkasa. Bandung.

David, Fred R, 2006. Strategic Management: Concepts and Cases, 10th ed, terjemahan Ichsan Setiyo Budi. Salemba Empat. Jakarta.

Direktorat Museum, Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala. 2008. Pedoman Museum Indonesia. Departemen Kebudayan dan Pariwisata.

Evans, Jody, Kerrie Briedson & Ruth Rentschler. 2010. Drivers, Impediments and Manifestations of Brand Orientation dalam European Journal of Marketing Vol. 46. Emerald Group Publishing Limited.

Fahmi, Irham. 2012. Manajemen: Teori, Kasus dan Solusi. Alfabeta. Bandung.

Izquierdo, Carmen Camarero & Maria José Garrido Samaniego. 2007. How Alternative Marketing Strategies Impact The Performance of Spanish Museums dalam Journal of Management Development Vol. 26, No. 9. Emerald Group Publishing Limited.

Juwita, Ida Ayu Eva Ratna. 2014. Strategi Pemasaran Museum Wayang Kekayon Yogyakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Program Magister Tata Kelola Seni Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Kartika, Ema Ratri J. 2014. Analisis Potensi Pengembangan Museum Batik Di Yogyakarta. Program Magister Ekonomi Pembangunan Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Kaye, Michael Allison & Jude. 2013. Strategic Planning For Nonprofit Organizations. Terjemahan Yayasan Tifa. Pustaka Obor Indonesia. Jakarta.

Mavragani, Eleni. 2013. Museum’s Service Quality and Visitor’s Future Intention: The Case of Greek Museums dalam The 2nd Advances in Hospitality and Tourism Marketing & Management.

Moore, Kevin. 2005. Museum Management: Leicester Readers in Museum Studies. Routledge. New York.

Pitana, I Gde dan Putu G. Gayatri,. 2005. Sosiologi Pariwisata. Andi Offset. Yogyakarta.

Shi, Hui-Ying. 2008. A Study of Service Quality and Satisfaction for Museums Taking the National Museum of Prehistory as an Example dalam The Journal of Human Resource and Adult Learning Vol. 4 Num. 1, June 2008

Simanjuntak, Bungaran Antonius. 2011. Pemikiran tentang Batak: Setelah 150 Tahun Agama Kristen di Sumatera Utara. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Jakarta.

Situmorang, Sitor. 2009, Toba Na Sae: Sejarah Lembaga Sosial Politik Abad XIII-XX, Komunitas Bambu, Jakarta.

Sudana, I Putu. 2010. Grand Strategy Pemasaran Industri Cafe di Sentra Pariwisata Pantai Kedonganan dalam Jurnal Analisis Pariwisata Vol. 10, No.1. Fakultas Pariwisata Universitas Udayana.

Sudana, I Putu. 2013. Strategi Pengembangan Desa Wisata Ekologis di Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan dalam Jurnal Analisis Pariwisata Vol. 13, No. 1. Fakultas Pariwisata Universitas Udayana.

Sunarto, 2005. MSDM Strategik. AMUS. Yogyakarta.

Vergouwen, J. C. 2004. Masyarakat dan Hukum Adat Batak Toba. PT. LkiS Pelangi Aksara. Yogyakarta.

Weaver, David dan Laura Lawton. 2006. Tourism Management, Third Edition. John Wiley & Sons. Australia.

Yin, K. Robert, 2014. Case Study Research: Design and Methods, terjemahan M. Djauzi Mudzakir. PT. Rajagrafindo Persada. Depok


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.