UPAYA MENINGKATKAN APRESIASI PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI PENERAPAN METODE THINK-PAIR-SHARE DI SMA N 2 NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA

Ayu Permata Sari, Indra Rukmana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan hasil pembelajaran seni tari di SMA N 2 Ngaglik dalam pembelajaran tari Robyong melalui metode Think-Pair-Share. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA I SMA N 2 Ngaglik berjumlah 100 orang. Luaran yang di targetkan disini adalah meningkatkan keberhasilan kreatifitas belajar siswa melalui perbaikan proses pembelajaran yang menekankan pentingnya peran guru selaku pengelola kegiatan siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode Think-Pair-Share. Waktu penelitian ini selama 1 Tahun, terhitung dari bulan Januari hingga Desember 2019.

Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi dan evaluasi. Pelaksanaan tindakan sebanyak 2 Siklus. Siklus I, menyampaikan tari Robyong, tentang ragam-ragam gerak tari Robyong. Tindakan Siklus II, selanjutnya pelaksanaan metode Think-Pair-Share, yaitu membagi siswa menjadi 3 kelompok, kemudian memberikan ragam yang berbeda disetiap kelompoknya dan mempresentasikannya di depan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, pengamatan dan penampilan subjek penelitian pada proses penilaian.


Keywords


Apresiasi, Metode Think-Pair-Share

Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Khisbiyah, Yayah. 20011. Pendidikan Apresiasi Seni. Surakarta: Pusat Study Budaya dan Perubahan Sosial, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Masunah, Juju. 2009. Berbagai Pengalaman Lapangan di Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah. Surakarta : Pusat Study Budaya dan Perubahan Sosial, Universitas Muhammadiyah Surakara.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. http://home.att-net/_clnetwork/thinkps.htm.

Wahyuningsih, Tri. 2005. Peningkatan Pembelajaran Seni Tari Melalui Penerapan Metode Imitatif dan Penugasan di SD N Sidorejo, Selomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Skripsi S1 Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.