MENGETAHUI THE MASCOTS SEBAGAI IDENTITAS KEBUDAYAAN INDONESIA MELALUI KAJIAN VISUAL DAN MUSIK

Fachmi Khadam Haeril, Arhamuddin Ali

Abstract


Mengetahui The Mascots sebagai Identitas Kebudayaan Indonesia Melalui Kajian Visual dan Musik merupakan karya tulis yang bertujuan untuk meneliti dua aspek, yaitu unsur kebudayaan yang terdapat dalam karya The Masocts, dan proses mengetahui karya tersebut sebagai identitas kebudayaan Indonesia.  Studi kasus ini menganalisis aspek visual dan musikal yang kemudian dianalisis menggunakan konsep pengetahuan Aquinas dan kesan Leibniz. Penelitian ini menyimpulkan bahwa The Mascots memuat unsur visual dan musikal yang berasal dari berbagai macam latar belakang kebudayaan Indonesia. Selain itu, mengetahui karya ini sebagai identitas kebudayaan Indonesia yang kaya akan keberagaman diketahui dengan cara mengungkap aspek universal, yaitu kesatuan karya yang mengandung unsur-unsur spesifik sebagai ciri dari paduan keberagaman.


Keywords


The Mascots, visual, musik, identitas kebudayaan dan Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Kristanto. H. Dwi. Aquinas: Adaequatio Rei at Intellectus. Kebenaran sebagai Kesesuaian antara Realitas dan Pikiran. Makalah disajikan dalam Extension Course Filsafat, Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta, 2019.

Suryajaya, Martin. Sejarah Estetika. gang kabel, Jakarta. 2016.

Sutrisno, Mudji. Ranah-ranah Kebudayaan, dalam Esai. Kanisius, Yogyakarta. 2009.

Tjahjadi, SPL., Petualangan Intelektual. Konfrontasi dengan Para Filsuf dari Zaman Yunani hingga Zaman Modern. Kanisius, Yogkakarta, 2004.

Online

Kompas.com. (2018, 18 Juli) Lebih Dekat dengan Tiga Maskot Asian Games 2018. Diakses pada 28 Desember 2019, pukul 21.50, dari https://bola.kompas.com/read/2018/07/18/19200028/lebih-dekat-dengan-tiga-maskot-asian-games-2018?page=all

Youtube. (2018, 16 Januari). #AsianGames2018 Fun Fact 4 – The Mascots. Diperoleh dari https://youtu.be/M9K-2XSPzE


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.