KOMUNIKASI ISLAM: Konsep Dasar Dan Pinsip-Prinsipnya

Hanifah Muyasarah

Abstract


Komunikasi merupakan aktivitas yang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia. Komunikasi tidak sekedar menyampaikan pesan dengan menggunakan saluran atau media tertentu dan diterima dengan baik oleh komunikan. Lebih dari itu komunikasi seharusnya merupakan interaksi yang dilatarbelakangi niat yang baik dan tidak hanya beroreintasi pada kepentingan dunia semata, tetapi juga untuk kehidupan akhirat. Dalam ilmu komunikasi barangkali tidak dibicarakan tentang kehidupan akherat sebagai bagian dari aktivitas komunikasi sehingga pada realisasinya aktivitas komunikasi tersebut berimplikasi pada maraknya berita atau pesan-pesan hoax yang bertebaran baik di media massa maupun media social. Hal itu tentu meresahkan dan mengakibatkan kegaduhan pada masyarakat,sehingga masyarakat yang membutuhkan ketenangan akan mengabaikan dan tidak mengkonsumsi berita-berita tersebut. Dengan demikian masyarakat kehilangan hak untuk mendapatkan pesan-pesan atau berita terkini, akurat dan terpercaya dari isu-isu yang tengah hangat.

Pada situasi krisis ini, perlu kita mengingat kembali bagaimana etika dan prinsip-prinsip komunikasi yang diajarkan oleh Al Qur’an dan As Sunah sebagai referensi dasar hidup masyarakat muslim. Seperti bagaimana sikap seorang muslim ketika menerima sebuah berita, yang hal itu terlihat jelas dalam QS,49: 6 yang tentunya harus mengindahkan proses seleksi terhadap berita baik komunikator maupun kontens pesannya, sehingga sebagai seorang muslim tidak terjebak pada berita-berita yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.Tulisan ini membahas komunikasi Islam yang meliputi konsep dasar dan prinsip-prinsipnya.


Keywords


Komunikasi Islam, Konsep Dasar dan Prinsip-prinsipnya

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Yatimin, 2006, Studi Islam Komtemporer, Jakarta: AMZAH.

Cutlip, Scott M.,Center,Allen H., Broom, Glen M, 2009, Effective Public Relations, Edisi Sembilan, terjemahan, Jakarta: Prenada Media Group

Cangara, Hafied, 2016, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Daryanto, 2002, Teori Komunikasi, Yogyakarta: PT Penerbit Gava Media.

HAMKA,1990, Tasawuf Modern,Jakarta: PT Pustaka Panjimas

Hefni, Herjani, 2015, Komunikasi Islam, Jakarta, Prenadamedia Group

Uchjana Efendi, Onong, 2001, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

_____, 2000, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyana, Deddy, 2009, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung, PT Remaja Rosdakarya

Nata, Abudin, 2007, Akhlak Tasawuf, Jakarta; PT RajaGrafindo Persada.

Roudhonah, 2019, Ilmu Komunikasi, Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Shihab, Quraish, 2012, Tafsir Al Misbah Pesan,Kesan dan Keserasian Al Qur’an. Voleme 7, Jakarta: Penertbit Lentera Hati

Shihab, Quraish, 2012, Tafsir Al Misbah Pesan,Kesan dan Keserasian Al Qur’an. volume 12 Jakarta: Penertbit Lentera Hati

Shihab, Quraish, 2012, Tafsir Al Misbah Pesan,Kesan dan Keserasian Al Qur’an. volume 15 Jakarta:Penertbit Lentera Hati

Syukur, Amin, 2004, Tasawuf social,Yogjakarta; Pustaka Pelajar.

Tufik, Tata, 2012, Etika Komunikasi Islam, Bandung: CV Pustaka Setia.

Al Qur’an dan Terjemahnya, 1411,Kerajaan Arab Saudi,Mujama al Malik Fahd li-Thiba-at al Mudhad al Syarif Al Madinah al Munawwarah.

Siddiq,Taufik,2018, https://nasional.tempo.co/read/1132568/kata-polri-soal-pengeroyokan-ratna-sarumpaet-hoax/full&view=ok

Warsudi, 2019, 2Fkaprolri-tegaskan-pekerja-asing-serbu-indonesia-hoax http://jabarsindonews.com.cdn.amproject.org/vs/jabar.sindonews.com/news... 2990% -1550235734.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hujjah : Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.