STRATEGI PENGEMBANGAN DAKWAH KONTEMPORER

Tuti Munfarida

Abstract


Dakwah Islam adalah kewajiban yang harus dilakukan umat Muslim, terutama oleh Ulama dan Da’i. Kegiatan menyampaikan ajaran Islam kepada seseorang atau sekelompok orang supaya mereka memeluk Islam atau melaksanakan ajaran Islam demi mencapai kebahagiaan di Dunia dan Akhirat. Kegiatan Dakwah Islam makin lama makin memiliki bergam tantangan yang tidak mudah, bahkan bisa dikatakan sangat berat. Baik dari umat Muslim sendiri, non muslim sampai pada perkembangan peradaban yang makin beragam. Peradaban yang makin menjauhi agama dan lebih dekat pada materi.

Budaya hidup materialys dan hedonys sudah sangat merebak bagai bunga yang berkembang liar tanpa batas. Apalagi dengan perkembanganteknologi informasi yang mendunia makin menambah liarnya pemikiran-pemikiran dan perilaku yang non religious. Dari jaringan internet yang berupa face book, blogger/ blog, twitter dan website- website pribadi seolah mengindikasikan bahwa mereka bisa meng-upload apa saja tanpa terbatas etis atau tidak, konsumsi pribadi atau atau bukan.

Maka perilaku masyarakat dari kalangan bawah sampai atas, usia anak-anak sampai dewasa, pelajar sampai mahasiswa, pejabat atau orang biasa hampir mayoritas terpengaruh budaya materialisme dan hedonisme. Dengan demikian tantangan Dakwah makin bertambah. Bagaimana para Juru Dakwah/ Da’i/ Muballigh/ ‘Ulama bisa menyampaikan dakwahnya dengan baik dan bisa diterima dalam kondisi masyarakat yang demikian adalah salah satu bentuk keprihatinan penulis untuk meneliti, menganalisa dan menulis bagaimana Strategi Dakwah yang tepat saat ini, menjadi inspirasi tulisan yang berjudul Strategi Dakwah Kontemporer.


Keywords


Dakwah, Metode Dakwah, Tantangan Dakwah, Strategi Dakwah

Full Text:

PDF

References


Abu Fida Ismail Ibnu Kastir, Tafsir al-Qur’an al-Azhim, juz 1, Beirut: Dar Ihya al-Turats al A’raby, 1969

Amrullah Achmad, Dakwah Islam dan Perubahan Sosial, Yogyakarta: Prima Duta, 1983

Enjang AS dan Aliyudian, S. Media Dakwah. (Jakarta: Kencan, 2009)

M. Ali Aziz, Ilmu Dakwah, (Jakarta: Kencana, 2009)

M. Munir dan Wahyu Ilahi, Menejment Dakwah, (Jakarta: Kencan, 2009)

M. Munir, Metode Dakwah,(Jakarta: Kencana, 2006)

M. Khalid Masud, Modern usage, dalam John L.Esposito, The Oxford Encyclopedia of the modern Islamic World vol.1, New York: Oxford University Press, 1995

Proyk Penerangan Agama Islam Depag RI, Metodologi Dakwah Kepada Suku Terasing, Jakarta: DEPAG RI, 1978

Syamsuri, Strategi dan Metode Pomesmawi dalam Dakwah Islamiah di Desa Kebarongan. Skripsi Prodi Sosial Islam fakultas Dakwah IAIIG Cilacap. 2009

Umi Zulfa, Strategi pembelajaran, (Cilacap: Al-Ghazali Press, 2010)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hujjah : Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.