UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI MELALUI PENERAPAN METHODE KOPERATIF JIGSAW LEARNING PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SEMESTER1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018 SMA NEGERI 2 CILACAP

Siti Kuza’emah

Abstract


Proses belajar mengajar merupakan inti pendidikan di sekolah. Disini guru sebagai pendidik berperan besar, salah satu faktor pendukung keberhasilan guru dalam melaksanakan pembelajaran adalah kemampuan guru dalam menguasai dan menerapkan metode pembelajaran.Mengaktifkan siswa dalam kegiatan pembelajaran merupakan salah satu cara melatih memori siswa agar berkembang optimal.Dengan metode belajar aktif, siswa mampu memecahkan masalahnya, yang penting melakukan tugasnya sesuai dengan pengetahuan yang mereka miliki. Metode Jigsaw Learning adalah suatu tipe pembelajaran koopertaif yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan bagian tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Jigsaw Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPS 2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 SMA Negeri 2 Cilacap sudah cukup efektif.

Kata Kunci: Efektifitas, Metode Jigsaw Learning, Pembelajaran PAI


Full Text:

PDF

References


Alma,Buchari. 2008. Manajemen Cooperatif dan Strategi Pemasaran JasaPendidikanFocus Pada Pelayanan prima. Bandung: Alfabeta.

Annurahman.2008. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Aqih,

Zainal. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: yrama Widya.

Arikunto,Suharsimi.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Agama RI 2002, Alquranul Karim,Surat Al’Alaq 1-5.Jakarta

Djamarah,Syaiful Bahri.2005.Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Jakarta:Rineka Cipta.

Kusrini dkk, Katerampilan Dasar Mengajar (PPL 1) Berorientasi pada Kurikulum Berbasis Kompetensi ( Fakultas Tarbiyah UIN Malang), 2005,

Piet A. Sahertian dan Ida Aleida Sahertian, Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Program Insevice Education, (Jakarta: Rineka Cipta, 1992),

Subiyantoro.2009. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Widya Karya.

Suprayekti.2004. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: DepDikNas.

Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya, (Jakarta: Cemerlang, 2003), h. 12)

Wibawa,Basuki.2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: DepDikNas.

Winataputra,Udin S.2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaini,Hisyam.2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka




DOI: https://doi.org/10.52802/amk.v5i1.51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.