PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FIQIH

Akhirin Akhirin

Abstract


Pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar fiqih memiliki tujuan penelitian berupa uraian pola asuh orang tua, menjelaskan motivasi belajar siswa dan mendiskripsikan apakah terdapat pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar fiqih siswa MI. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 59 responden,   merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner/angket untuk menjaring data X dan data Y. Data  penelitian  yang  terkumpul  dianalisis  dengan  menggunakan  teknik  analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa ). Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan analisis regresi satu prediktor, diperoleh harga Freg = 12,7202, sedangkan nilai pada tabel (Ft), pada taraf signifikansi 5 % diperoleh 4,02 dan pada taraf signifikansi 1 %, diperoleh 7,12. Dengan demikian Freg = 12,7202 > Ftabel dan hasilnya signifikan. Adapun koefisien determinasinya adalah 0,1824= 18,25%. Ini berarti bahwa sebesar 36,1% variasi motivasi belajar (Y) dapat dijelaskan oleh persepsi tentang bimbingan orang tua (X).

Keywords


Pola Asuh, Motifasi Belajar, Fiqih

Full Text:

PDF

References


A. Rifqi Amin, Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi, (Yogyakarta: Deepublish, 2014).

Abdul Wahhab Khallaf, Ilmu Ushulul Fiqh, terj. Noer Iskandar (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002), cet. 8.

Al.Tridhonanto & Beranda Agency, Mengembangkan Pola, hlm.35.

Chabib Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, cet. I, 1996).

Departemen Agama RI, Al Qur’an dan Terjemahannya, (Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir al Qur’an, 2000), At Tahrim: 6.

Departemen Agama RI, Standar Kompetensi Madrasah Ibtidaiyah, (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2004).

Depdikbud.,Tim Penyusun Kamus Pusat dan Pembinaan Bahasa.

Faisal Hidayat. Pengertian Pola Asuh Anak dalam Keluarga. Lihat di http://www.wawasanpendidikan.com/2014/10/pengertian-pola-asuh-anak-dalam.html, diakses pada 8 Maret 2016.

Gunarsa & Gunarsa, Psikologi Praktis : Anak, Remaja, dan Keluarga, (Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia, 1995).

Gunarsa, S. D. dan Gunarsa,. S. D. Ny., Psikologi Remaja, (Jakarta: Gunung mulia, 1989).

Hendra Surya, Rahasia Membuat Anak Cerdas dan Manusia Unggul, (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2010).

M. Enoch Markum, Anak, Keluarga Dan Masyarakat, (Jakarta : Penerbit sinar harapan, 1985).

M.A.W. Brower, dkk., Kepribadian dan Perubahanya , (Jakarta : PT Gramedia, 1984).

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, (Jakarta:PT. Logos Wacana Ilmu, 1999).

Nilam Widyarini, Relasi Orang Tua dan Anak, (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, tt.).

Reni Akbar Hawadi, Akselerasi-Program Percepatan Belajar dan Anak Berbakat Intelektual, (Jakarta: Grasindo, tt).

Rifa Hidayah, Psikologi Pengasuhan Anak, (Malang : UIN-Malang Press, 2009).

W.S. Winkel S.J., Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta : PT. Gramedia, 1983.

Zahara Idris, Dasar-dasar Kependidikan,, (Padang : Penerbit Angkasa Raya, , 1987).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.