INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MI

Isna Fatimatuz Zahroh

Abstract


Pembelajaran pada hakikatnya merupakan proses perubahan di dalam kepribadian yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan dan kepandaian. Perubahan ini bersifat menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman. Pembelajaran pada hakikatnya adalah proses interaksi anak dengan anak, anak dengan sumber belajar, dan anak dengan pendidik.

Pada jenjang dasar terdapat mata pelajaran IPS. IPS merupakan suatu ilmu yang mempelajari kegiatan-kegiatan sosial. Dalam pendidikan, IPS adalah sebuah nama mata pelajaran yang terintegrasi dari beberapa tema yaitu sejarah, geografi dan ekonomi serta ilmu sosial lainnya. Dalam pembelajaran IPS seharusnya pendidik melakukan eksplorasi dengan menghubungkan nilai-nilai Islam. Nilai-nilai islam dalam sebuah pendidikan sangatlah dibutuhkan suapaya mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses perkembangannya. nilai-nilai islam dapat masuk dalam suatu pembelajaran yang ada berbagai lingkungan seperti madrasah. Integrasi nilai-nilai Islam dapat dimunculkan dalam pembelajaran yang kemudian dapat menonjolkan sikap positif dalam kehidupan kita.

Dengan adanya integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran akan menumbuh kembangkan karakter-karakter pada peserta didik. Karakter yang ingin dicapai yaitu menjadikan peserta didik berbudi pekerti yang luhur atau akhlakul karimah.


Keywords


Integrasi, Nilai-nilai Islam, IPS

Full Text:

PDF

References


Agung, Leo. 2011. Character Education Integration in Social Studies Learning. Historia: International Journal of History Education. Vol. XII, No. 2.

Anas, Norazmi, Engku Ahmad Zaki dkk. 2013. Integration of Knowledge in Islam: Concept and Challenges. USA: Global Journals. Vol. 13, Issue 10.

Asmaran. 2002. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Raja Grafondo Persada.

Basri, Hasan dan Beni Ahmad Saebani. 2010. Ilmu pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

David, Edinyang. 2016. The Significance OfSocial Learning Theories In The Teaching Of Social Studies Education. Nigeria: Univercity of Calabar. Vol. 2.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djiwandoro, Sri Esti Wuryani. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Hardani, Menuk dkk. 2003. Kamus Pelajar Sekolah Lanjutan Pertama,. Jakarta: Pusat Bahasa.

Hartono, 2011. Pendidikan Integratif. Purwokerto: STAIN Press.

______, 2018. Teori Belajar dan Pembelajaran dalam Al-Qur’an. Purwokerto: STAIN Press.

Kunjiono. 2010. Model-Model pembelajaran. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mufarrokah, Anissatul. 2009. Strategi Belajar dan Mengajar. Yogyakarta: Teras.

Nurhadi. 2011. Menciptakan Pembelajaran IPS Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan.

Nurudin, Safruddin. 2005. Model Pembelajaran yang Memperhatikan Keragaman Individu Siswa dalam KBK. Tangerang: Quantum Teaching.

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sapriya dkk. 2006. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung: UPI Press.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Solihatin, Entin dan Raharjo. 2008. Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara. cet. 3.

Sukayati. 2004. Pembelajaran Tematik di SD merupakan Terapan dari Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: PPPG.

Sunhaji. 2013. Pembelajaran Tematik-Integratif Pendidikan Agama Islam dan Sains. Purwokerto: STAIN Press.

Sunhaji. 2016. The Implementation of Integrated Learning in the Islamic Religion Education as to Grow the Religiosity and Faith of Learners,. International Journal of Human an Social Sciene. Vol. 6. No. 11.

عبداللهناصحعلوان،تربيةالاولادفىالاسلام،


Refbacks

  • There are currently no refbacks.