PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS YANG INOVATIF

Okta Fakhruriza

Abstract


Kegiatan guru didalam kelas meliputi dua hal pokok, yaitu mengajar dan mengelola kelas. Kegiatan mengajar dimaksudkan secara langsung menggiatkan peserta didik mencapai tujuan-tujuan. Kegiatan mengelola kelas bermaksud menciptakan dan mempertahankan suasana kelas agar kegiatan mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Pengajaran di kelas setidaknya melibatkan dua fitur tindakan guru yang berbeda tetapi saling terkait; fitur pertama berkaitan dengan perilaku guru mendorong perbahan kognitif pada peserta didik, fitur kedua menciptakan kondisi kelas yang memungkinkan pembelajaran terjadi. Guru yang menjadi kunci proses pengajaran, harus membangun suasana kelas yang positif. Dengan suasana pendidikan yang positif dan rasa saling percaya antar guru dan peserta didik semua masalah dan kesulitan mudah diatasi.

Guru professional selalu mengembangkan profesinya, yang berarti mengikuti perkembangan bidang pendidikan dan tuntutan masyarakat pengguna. Salah satu kompetensi pedagogi adalah penerapan pembelajaran inovatif. Faktor utama pembelajaran inovatif yaitu ada hal kebaruan dan dapat mengatasi masalah pembelajaran. Dalam pembelajaran inovatif menekankan pada proses keaktifan belajar peserta didik yang difokuskan pada penerapan pengetahuan dalam kehidupan peserta didik, sehingga pembelajaran lebih bermakna bagi diri peserta didik. pembelajaran inovatif mencangkup enam unsur yaitu: pembelajaran bermakna, penerapan pengetahuan, berpikir tingkat tinggi, kurikulum standar, responsive terhadap budaya dan menggunakan penilaian autentik. kunci pembelajaran inovatif yaitu: a) Belajar dari kenyataan yang biasa diamati, diprakatikan, dan dialami dalam kehidupan peserta didik, b) Belajar melalui pengalaman nyata yang dilakukan secara empiris, c) Menghasilkan pengetahuan yang bermakna pada diri siswa, d) Menggunakan berbagai teknik penilaian.


Keywords


Pengelolaan Kelas, Kelas Inovatif

Full Text:

PDF

References


Amilda, “Pengelolaan kelas yang humanis”, Jurnal Idaroh 1, no 1 (2015)

Euis, Donni. Manajemen Kelas (Classroom Management). Bandung: Alfa Beta, 2015.

Jamal Asmani Ma’mur. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inovatif. Yogyakarta: Diva press, 2015.

Jasmine et.al, “Classroom Management”, IJCRSEE 2, no 1 (2014)

Joao and Celia, “Classroom Disciplinr:Theory and Practice”, Nova Science Publisher 2, (2017)

Johar Permana, Pengelolaan Kelas Dalam Rangka Proses Belajar Mengajar”, Bahan Training Of Trainers Nasional. 2001

Minsih, Aninda, “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas”, Profesi pendidikan dasar 5, no.1 (2018)

Onyali loyce et.al, “Management Skills: A Panacea For Students High Performance In Secondary Schools In Anambra State, Nigeria, IJR 2, Issue 8 (2016)

Sarwi at.al, “Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Untuk Mengemabangkan Nilai Karakter Siswa SMP”, jurnal Penelitian Pendidikan 30, no. 3 (2013)

St Fatimah, “keterampilan mengelola kelas dan implementasinya dalam proses pembelajaran”, Jurnal Al-Ta’dib 7, no 2 (2014)

Suwardi. Daryanto. Manajemen Peserta Didik.(Yogyakarta:Gava media.2017),145

Teori penguatan oleh Skinner. Diunduh dari https://docplayer.info/30709382-Teori-penguatan-oleh-skinner.html. (di akses 22 April 2019)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.