INTEGRASI IMTAQ DAN IPTEK DALAM PENDIDIKAN

Imam Hidayat

Abstract


Pengetahuan umum dan pengetahuan agama adalah dua poin utama sains yang saling mendukung untuk menciptakan generasi yang unggul. Maka pendekatan integrasi ilmu agama dengan ilmu umum menjadi salah satu solusi dan itu penting dilakukan. Dengan pendekatan integrasi tersebut dapat dipahami bahwa antara pendidikan agama Islam dengan ilmu umum pada dasarnya adalah satu atau terikat oleh iman dan tauhid sehingga peserta didik memiliki kepribadian yang beriman dan bertakwa (IMTAQ) serta menguasai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (ILMU dan teknologi). Dan pada akhirnya akan menciptakan keseimbangan antara kebutuhan dunia pendidikan dan akhirat.

Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata, dkk, Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2005),hal. 6

Abuddin Nata, Paradigma Pendidikan Islam, (Jakarta: Grasindo bekerja sama dengan IAIN Syarif Hidayatullah, 2001), hal 239

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004), cet. ke-4, hal. 67

Depag RI, Pemberdayaan Sekolah Berwawasan IMTAQ, Departemen Agama Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Pembinaan Pendidikan Agama dan Akhlak Mulia, Jakarta : 2007 (http://man2madiun.net/userfiles/file/IMTAQ.pdf)

Imam Tolkhah dan Ahmad Barizi, Membuka Jendela Pendidikan; Mengurai akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2004), hal. 26-27

Jasa Ungguh Muliawan, Pendidikan Islam Integratif, Upaya Mengintegrasikan Kembali Dikotomi Ilmu dan Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005), hal. 1

Muhammad Abduh, Tafsir juz ‘Amma, Penj. Muhammad Bagir, (Bandung: Mizan, 1999), cet. ke-5, hal. 247-250 dan Hamka, Tafsir al-Azhar juz XXX, (Jakarta: Pustaka Panjimas, 2002), hal. 214-216

Muhammad Kosim, Integrasi Ilmu Umum dan Agama, (Padang: Harian Haluan, 23 September 2005), hal. 5

Muhammad Kosim, Tanggung Jawab Guru dalam Mendidik Akhlak Siswa, Padang: Harian Padang Ekspres, 23 Maret 2007; Gagasan ini juga pernah disampaikan oleh Prof. Ramayulis ketika penulis mengikuti perkuliahan mata kuliah “Ilmu Pendidikan Islam” di tingkat Program Magister PPs. IAIN Imam Bonjol Padang pada tahun 2005.

Mujamil Qomar, Epistemologi Pendidikan Islam dari Metode Rasional hingga Metode Kritik, (Jakarta: Erlangga, 2005), hal. 74

Mulyadi Kartanegara, Integrasi Ilmu: Sebuah Rekonstruksi Holistik (Bandung: Mizan, 2005), hal. 19 dan 45

Muslih Usa, "Pendidikan Islam di Indonesia Antara Cita dan Fakta; Suatu Pengantar" dalam Syafi'i Ma'arif, Pendidikan Islam di Indonesia; Antara Cita dan Fakta, (Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 1991), hal. 3




DOI: https://doi.org/10.52802/amk.v5i1.161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.