PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM (Studi Pemikiran KH. Chasbulloh Badawi)

Saekhoni Saekhoni, Aziz Alfian

Sari


Pada masa sekarang, pesantren harus mampu menyeimbangkan antara pendidikan formal dan non formal agar tidak ada persepsi yang keliru dikalangan masyarakat mengenai pesantren. Karena selama ini masayarakat menilai bahwa pesantren hanya berkecimpung dalam bidang keagamaan saja. Pesantren belum mampu menjembatani tuntutan masyarakat perihal akan kemana setelah lulus dari pesantren. Permasalahan inilah yang harus dijawab oleh pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam. Maka peran pemikiran pimpinan pesantren sangat berpengaruh terhadap arah tujuan pendidikan pesantren. Dengan demikian, perlu adanya pembaharuan pemikiran pendidikan Islam agar tidak ada dikotomi mengenai pendidikan formal dan non formal.

Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pemikiran pendidikan Islam Perspektif KH. Chasbulloh Badawi adalah pendidikan Islam seharusnya pendidikan yang mengarahkan dan membimbing peserta didik agar bisa membedakan antara yang baik dan salah, antara keliru dengan yang benar. Demi tercapainya tujuan tersebut, beliau menekankan ketika dalam proses mencari ilmu, seeorang peserta didik harus benar-benar memperdalam ilmu tersebut, sebab dengan ilmu yang sudah diperoleh dan dipelajari, peserta didik bisa mengetahui persoalan kehidupan, sehingga akan mampu membimbing, mengarahkan dan menuntun peserta didik kearah yang lebih baik, yaitu kehidupan yang bahagia di dunia maupun di akhirat.


Kata Kunci


KH. Chasbulloh Badawi, Pemikiran Pendidikan, Pendidikan Islam.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asrohah, H. (2008). Pesantren Dalam Dialog Dan Intregitas: Sejarah Pesantren Dalam Pengembangan Pendidikan. Mihrab, 2, 6.

Aziz, S. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Kalimedia.

Bahasa, T. P. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Fatah, A. (2019). Relasi Pendidikan Islam Menurut Al Ghazali dan KH Mustholih. Tawadhu, 799.

Ihya, M. A. (1430 H). Jumadil Akhir.

Jalaluddin. (2003). Teologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kuntowijoyo. (2017). Paradigma Islam Interpretasi Untuk Aksi. Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana.

Misbahusurur. (2007). Agenda Santri PP. Al Ihya Ulumaddin. Cilacap: Ihya Media.

Nata, A. (2012). Pemikiran Pendidikan Islam & Barat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Roqib, M. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Lkis.

Tobroni. (2018). Memperbincangkan Pemikiran Pendidikan Islam Dari idealisme Substantif Hingga Konsep Aktual. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal Tawadhu Indexed by:


Creative Commons License

Jurnal Tawadhu: https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License