PENDIDIKAN HATI MENURUT AL-GHAZALI (Keajaiban Hati: Penjelasan Tentang Perbedaan Antara Dua Maqom)

Agus Yosep Abduloh, Hisam Ahyani

Sari


Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan hati perspektif sufisme Imam Al Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin. Pertanyaan yang ingin diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana konsep pendidikan hati perspektif Al Ghazali? (2) Bagaimana konsep pendidikan hati perspektif Al Ghazali (Keajaiban Hati: Penjelasan tentang Perbedaan antara Dua Maqom dengan Contoh yang dapat Dirasakan)dan relevansinya dalam konteks pendidikan kekinian?. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research), maka data yang diperoleh bersumber dari literatur. Adapun referensi yang menjadi sumber data primer yaitu dari kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Al Ghazali. Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil bahwa Konsep pendidikan hati menurut Imam Al Ghazali dalam kitabnya yang spektakuler yaitu Ihya Ulumuddin diantaranya: (1) Menyembuhkan hati yang sakit dan meghidupkan hati yang mati: Senantiasa berdzikir, membaca Al-Qur’an, mendirikan shalat malam, membangun hidup zuhud, memperbanyak ingat mati. (2) Memelihara Hati yang sehat meliputi kegiatan pemeliharaan yang dapat dilakukan melalui proses penyadaran hati melalui dzikir, adapaun proses dzikir yang rutin diharapkan akan semakin menguatkan kecerdasan dan kelembutan hati. Proses yang tidak kalah pentingnya yaitu menjaga agar terhindar daripada penyakit hati. Sementara itu, pemikiran Al Ghazali tentang konsep pendidikan hati sampai saat ini tetap relevan, hal ini dibuktikan dengan adanya Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah yang masih mencantumkan upaya-upaya mendidik hati bangsa Indonesia pada masa modern ini. Seperti halnya Imam Al Ghazali dalam mendidik hati yang sesuai dengan zaman anak sekarang ini dan tidak bersifat yang mutlak. Dari hal ini pendidikan hati bersifat dinamis dan dapat diimplikasikan nilai-nilai dari konsep pendidikan hati tersebut pada zaman kekinian dan itu masih tetap relevan.


Kata Kunci


Pendidikan Hati, Maqam Al Ghazali, Keajaiban Hati

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Ghazali. (1992). Ihya’ ‘Ulumuddin Terj. Ismail Yakub, Mengembangkan Ilmu-Ilmu Agama, Jilid 2. Singapoera: Pustaka Nasional.

Al-Ghazali. (1996). Tahafut al-Falaasifah, Terj. Ahmadi Toha, Kerancuan Para Filosof. Mesir: Dar el Ma’arif.

Al-Ghazali. (1998). Ihya’ Ulumiddin. Al-Qahirah: Dar al-Hadith.

Al-Ghazali. Ihya' Ulumuddin Jilid III. Beirut-Libanon: Darul Kitab.

al-Qardlawi, Y. (t.t). Eksistensi Allah: Terj. Mukhlisin Sa’ad.

Asari, H. (2007). Menyingkap zaman keemasan Islam: kajian atas lembaga-lembaga pendidikan. Citapustaka.

Asari, H. (2012). Nukilan Pemikiran Islam Klasik Gagasan Pendidikan Abu Hamid Al-Ghazali. Medan: IAIN Press.

Ashraf, S. S. (1986). Krisis Pendidikan Islam. Bandung: Risalah Gusti.

Fairuz, M. M. (2007). Kamus alMunawir Indonesia Arab Terlengkap. Yogyakarta: Pustaka Progresif.

Hawa, S. (2006). Pendidikan Spritual terj Abdul Munip. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Hoey. (2006). Macmillan English Dictionary. United Kingdom: Macmillan.

Ismail, F. F., & Mutawalli, A. H. (2012). Cara Mudah Belajar Filsafat (Barat dan Islam). Yogyakarta: Ircisod.

Jalil, H. (2016). Konsep Hati Menurut Al-Ghazali Muhammad. Jurnal Reflektika.

Nata, A. (2012). Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurdin, M. A. (2012). Sejarah Pemikiran Islam Teologi Ilmu Kalam. Jakarta: Amzah.

Rahmatullah, A. S. (2010). Psikologi Kemalasa. Kebumen: Azkia Media.

Rusn, A. I. (1998). Pemikiran al-Ghazali Tentang Pendidikan. Cet. I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Shihab, M. Q. (1996). Wawasan al-Qur’an: Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan Pustaka Khazanah Ilmu-Ilmu Islam.

Sumarna, S. H. (2014). Kepribadian Super Kepribadian yang Lain Dicari dan Disukai Semua Orang. Yogyakarta: Galmas Publisher.

Syirazi, S. N. (1992). Tafsir al-Amtsal, Terj. Ahmad Sobandi, Husain Alkaf dan Irwan kurniawan. Jilid 1. Beirut: Mua’asasah al-Bi’itsah.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal Tawadhu Indexed by:


Creative Commons License

Jurnal Tawadhu: https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License