PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP PERSPEKTIF TASAWUF DI PONDOK PESANTREN ASRAMA PELAJAR ISLAM TEGALREJO MAGELANG
Sari
Kurikulum merupakan salah satu aspek penting dalam berjalannya lembaga pendidikan. Tidak adanya kurikulum pada suatu lembaga pendidikan, maka lembaga pendidikan tersebut tdak akan berjalan dengn baik. Kurikulum yang baik ialah kurikulum yang mampu mencipkan lulusan yang baik dengan memiliki keterampilan hidup. Maka perlunya pengembangan kurikulum pendidikan kecakapan hidup perspektif tasawuf. Dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan hidup serta dengan nilai tasawuf menjadi bekal perserta didik terjun ke masyarakat dan bergunan bagi dirinya dan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kurikulum pendidikan kecakapan hidup perspektif tasawuf di Pondok Pesantren Asrama Pelajar Islam Tegalrejo Magelang. Adapun teknik keadsahan data menggunakan triangulasi data dan metodologis. Sedangkan analisis data dengan langkah pegumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Pondok Pesantren Asrama Pelajar Islam Tegalrejo Magelang melakukan pengembangan kurikulum pendidikan kecakapan hidup perspektif tasawuf dengan memberikan program teknik komputer dan jaringan, mutimedia, tata busana. Perspektif tasawuf dilakukan dengan model diskrit yang dengan penambahan muatan lokal pengajaran kitab wasiatul mustofa, taisyirul kholaq, attahliyah wal targhib fit tarbiyah wat tahdzib, dengan tambahan kegiatan mujahadah.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmad dkk. 1998. Pengembangan Kurikulum di Perguruan Tinggi, Bandung: Pustaka Setia
Ali, Muhammad. 1992. Pengembangan Kurikulum di Sekolah, Bandung: Sinar Baru
Ayi, Alim dan Muhammad Ali. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung: IMTIMA
Creswell, John W. 1994. Research Design Qualitative and Quantitative Approache, California: Sage Publication
Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: CV. Jumanatul Ali
Dirjen PLS Depdiknas. 2007. Pedoman Program Life Skill. Jakarta: Depdiknas
Dokumentasi Pondok Pesantren Asrama Pelajar Islam Pondok Pesantren Asrama Pelajar Islam Hamid, A. Syarif. 1993. Pengembangan Kurikulum, Surabaya: Bina Ilmu
Hasibuan, Lias. 2010. Kurikulum dan Pemikiran Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada
Hopson, Barrie dan Mike Scally. 1981. Lifeskills Teaching, London: McGRAW-HILL Book Company (UK) Limite
Husein, Sayyid Nasr. 2005. Tasawuf Dulu dan Sekarang, terj. Abdul Hadi WM, Jakarta: Pustaka Firdaus
J., Lexy Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya
K., Norman Denzin dan Yvonna S. Lincoln. 2000. Handbook of Qualitatif Research, California: Sage Pulication
Madjid, Nurcholish. 1997. Bilik-Bilik Pesantren; Sebuah Poret Perjalanan, Jakarta: Paramadina
Munir, Abdul Mulkhan. 2002. Nalar Spiritual pendidikan, Yogyakarta, Tiara Wacana
P., James Spraedley. 2006. Metode Etnografi, diterjemahkan oleh Misbah Zulfa E., Yogyakarta: Tiara Wacana
Syaodih, Nana Sukmadinata. 2012. Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Jurnal Tawadhu Indexed by:
Jurnal Tawadhu: https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.