PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP PERSPEKTIF TASAWUF DI PONDOK PESANTREN ASRAMA PELAJAR ISLAM TEGALREJO MAGELANG

Akhmad Setyawan

Sari


Kurikulum merupakan salah satu aspek penting dalam berjalannya lembaga pendidikan. Tidak adanya kurikulum pada suatu lembaga pendidikan, maka lembaga pendidikan tersebut tdak akan berjalan dengn baik. Kurikulum yang baik ialah kurikulum yang mampu mencipkan lulusan yang baik dengan memiliki keterampilan hidup. Maka perlunya pengembangan kurikulum pendidikan kecakapan hidup perspektif tasawuf. Dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan hidup serta dengan nilai tasawuf menjadi bekal perserta didik terjun ke masyarakat dan bergunan bagi dirinya dan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kurikulum pendidikan kecakapan hidup perspektif tasawuf di Pondok Pesantren Asrama Pelajar Islam Tegalrejo Magelang. Adapun teknik keadsahan data menggunakan triangulasi data dan metodologis. Sedangkan analisis data dengan langkah pegumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Pondok Pesantren Asrama Pelajar Islam Tegalrejo Magelang melakukan pengembangan kurikulum pendidikan kecakapan hidup perspektif tasawuf dengan memberikan program teknik komputer dan jaringan, mutimedia, tata busana. Perspektif tasawuf dilakukan dengan model diskrit yang dengan penambahan muatan lokal pengajaran kitab wasiatul mustofa, taisyirul kholaq, attahliyah wal targhib fit tarbiyah wat tahdzib, dengan tambahan kegiatan mujahadah.       


Kata Kunci


Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Kecakapan Hidup perspektif Tasawuf

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad dkk. 1998. Pengembangan Kurikulum di Perguruan Tinggi, Bandung: Pustaka Setia

Ali, Muhammad. 1992. Pengembangan Kurikulum di Sekolah, Bandung: Sinar Baru

Ayi, Alim dan Muhammad Ali. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung: IMTIMA

Creswell, John W. 1994. Research Design Qualitative and Quantitative Approache, California: Sage Publication

Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: CV. Jumanatul Ali

Dirjen PLS Depdiknas. 2007. Pedoman Program Life Skill. Jakarta: Depdiknas

Dokumentasi Pondok Pesantren Asrama Pelajar Islam Pondok Pesantren Asrama Pelajar Islam Hamid, A. Syarif. 1993. Pengembangan Kurikulum, Surabaya: Bina Ilmu

Hasibuan, Lias. 2010. Kurikulum dan Pemikiran Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada

Hopson, Barrie dan Mike Scally. 1981. Lifeskills Teaching, London: McGRAW-HILL Book Company (UK) Limite

Husein, Sayyid Nasr. 2005. Tasawuf Dulu dan Sekarang, terj. Abdul Hadi WM, Jakarta: Pustaka Firdaus

J., Lexy Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya

K., Norman Denzin dan Yvonna S. Lincoln. 2000. Handbook of Qualitatif Research, California: Sage Pulication

Madjid, Nurcholish. 1997. Bilik-Bilik Pesantren; Sebuah Poret Perjalanan, Jakarta: Paramadina

Munir, Abdul Mulkhan. 2002. Nalar Spiritual pendidikan, Yogyakarta, Tiara Wacana

P., James Spraedley. 2006. Metode Etnografi, diterjemahkan oleh Misbah Zulfa E., Yogyakarta: Tiara Wacana

Syaodih, Nana Sukmadinata. 2012. Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal Tawadhu Indexed by:


Creative Commons License

Jurnal Tawadhu: https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License