HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSEPKETIF IBNU SINA

Yanuar Reza Gufroni

Sari


Pendidikan Islam merupakan aksi pembinaan ajaran Islam, hal ini mesti dilakukan agar dijadikan sebagai dasar dan pandangan bagi manusia. Sifat dan naluri manusia tentu tidak akan terarah bilamana tidak ada koridor. Sumber dan dasar pendidikan Islam jelas merujuk pada hukum Islam, yakni al-Qur’an, al-Sunnah, madzhab sahabat, mashalih al-mursalah, tradisi masyarakat dan ijtihad. Hakikat pendidikan Islam menurut Ibnu Sina secara khusus bertujuan untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki seseorang ke arah yang sempurna, yaitu perkembangan fisik, intelektual dan budi pekerti. Selain itu, tujuan pendidikan harus diarahkan pada upaya mempersiapkan seseorang agar dapat hidup di masyarakat secara bersama-sama dengan melakukan pekerjaan atau keahlian yang dipilihnya sesuai dengan bakat, kesiapan, kecenderungan dan potensi yang dimilikinya.


Kata Kunci


Hakikat Pendidikan Islam, Ibnu Sina.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


An-Nahlawi , Abdurrahman.1996. Prinsip-Prinsip dan Metoda Pendidikan Islam dalam Keluarga, di Sekolah dan di Masyarakat. Bandung: CV. Diponegoro.

Basri, Hasan. 2009. Filsafat Pendidikan Islam.. Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Gharib Gaudah, Muhamad. 2007. 147 Ilmuan Terkemuka dalam Sejarah Islam. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.

Gozali, Mukhtar. 2016. Agama dan Filsafat Dalam Pemikiran Ibnu Sina. Jaqfi : Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam Vol 1, No 2, https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jaqfi/article/download/1712/1166. Diakses pada 24 September 2020

Kurniawan, Syamsul. & Erwin Mahrus. 2011. Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Minarti, Sri. 2013. Ilmu Pendidikan Islam : Fakta Teoritis-Filosofis Dan Aplikatif-Normatif. Jakarta : Amzah.

Muhaimin. 2004. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhaimin. 1991. Konsep Pendidikan Islam. Solo: Ramadlan.

Putra, Aris Try Andreas. 2015. Pemikiran Filosofis Pendidikan Ibnu Sina dan Impilikasinya pada Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Literasi Vol VI, No 2. http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/200. Diakses pada 24 September 2020.

Rahman, Fazlur. 1998. Tema- Tema Pokok Al-Qur’an. Bandung: Pustaka Pelajar..

Sina, Ibn Sina. 1906. Al-Siyasah fi al-Tarbiyah. Mesir: Majalah al-Masyrik, 1906.

Shihab, M. Quraish. 1996. Wawasan al-Qur’an, Tafsir Maudhu’i atas Berbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan, 1996.

Soebahar, Abd. Halim. 2002. Wawasan Baru Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia.

Tilaar, H.A.R. 2009. Kekuasaan dan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta :Balai Pustaka.

Yunadi, Yun yun, Mokhamad Amin Tohari, Siti Nadroh. 2015. Sejarah Kebudayaan Islam. Indonesia: Kementrian Agama.

Zuhairini dkk. 2008. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Askara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal Tawadhu Indexed by:


Creative Commons License

Jurnal Tawadhu: https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License