HUBUNGAN ANTARA KEUTUHAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Sari
Hubungan antara Keutuhan Keluarga dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama, Judul penelitian ini meliputi 3 (tiga) variabel yaitu keutuhan keluarga sebagai variabel bebas pertama (atau variabel X1), motivasi belajar sebagai variabel bebas kedua (variabel X2) dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai variabel terikat (variabel Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes dengan teknik korelasional. Angket digunakan untuk mengumpulkan data keutuhan keluarga, observasi untuk mengumpulkan data motivasi belajar, tes digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar PAI (variabel Y). Populasinya adalah siswa SD Negeri 02 Payak Cluwak Jepara yang berjumlah 77 orang, karena jumlah populasi banyak maka diambil sampel secara classter pada siswa kelas III, IV dan V yang berjumlah 30 orang dengan teknik random sampling.
Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis statistik menggunakan rumus korelasi ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pengaruh keutuhan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SD Negeri 02 Payak Cluwak Pati adalah signifikan. Hasil analisis dengan rumus regresi ganda menunjukkan taraf signifikansi 5% maupun 1%. Di mana besarnya Fhit yaitu 7,5 kemudian dibandingkan dengan Ftabel dengan df = 2 : 27, pada taraf signifikansi 1% = 5,49 dan taraf signifikansi 5% = 3,35. Jadi Fhit > Ftabel. Selain itu ditemukan pula Rdeterminasi sebesar 36%, sehingga dapat dikatakan keutuhan keluarga dan motivasi belajar berpengaruh positif sebesar 36% terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmadi, A., & Uhbiyati, N. (1991). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, A., & Uhbiyati, N. (1991). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gerungan, W. (1991). Psikologi Sosial. Bandung: Erseco.
Mustaqim. (2007). Perilaku Menyimpang, sebuah Model Penelitian Kuantitatif. Semarang: Rasail Media.
Nasution, N. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Dirjen Binbaga Agama Islam Depag. RI dan Universitas Terbuka.
Poerwadarminta, W. (2007). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sardiman, A. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana, N. (1999). Penilaian Hasil proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syah, M. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Toha, C. (2004). Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Uhbiyati, N. (1999). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Usman, M. U. (1992). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Yamin, M. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Jurnal Tawadhu Indexed by:
Jurnal Tawadhu: https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.