ADAB SISWA TERHADAP GURU MENURUT PANDANGAN SAYYID MUHAMMAD NAQUIB AL-‘ATTHAS DALAM MENJAWAB TANTANGAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Fauzi Ansori Saleh, Muqowim Muqowim, Radjasa Radjasa

Sari


The value of a person's personality is measured by the attitudes and actions taken. Good attitude and actions will bring someone to a noble degree. But in the era of the industrial revolution 4.0, positive attitudes and behaviors that reflect the noble manners of a person are eroded by the disruption effect of the industrial revolution 4.0. This shift in mindset and patterns of social relations in the era of the industrial revolution 4.0 also touched the realm of education. The number of student behaviors that lead to the deterioration of etiquette is a concern for all circles. Especially bad manners are actually carried out by students to their own teacher.

Sayyid Muhammad Naquib al-tAtthas as a Muslim scholar and thinker offered an educational concept known as ta'dib. Through the concept of ta'dib, education is projected as a process of forging reason, growth of character and character of students. With the concept of ta'dib, various negative student behaviors as an effect of disruption of the industrial revolution 4.0 can be placed in proportion to then look for formulas to answer the challenges that arise as a result of progress.


Kata Kunci


Students, Ta'dib, Industrial Revolution

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi Putranto, Dhian, Video Viral Guru Dikeroyok Siswa di Kendal, Berawal dari Seorang Siswa Tak Bawa Alat Peraga, diakses dari https://jateng.tribunnews.com/2018/11/11/video-viral-guru-dikeroyok-siswa-di-kendal-berawal-dari-seorang-siswa-tak-bawa-alat-peraga

Aidid, Muhammad Hasan, Petunjuk Monogram Silsilah Berikut Biografi dan Arti Gelar Masing-masing Leluhur Alawiyyin, Jakarta: Amal Shaleh, 1999.

Al Ayubi, Sholihudin dan Islami, Wildah Nurul, Aktualisasi Profil Guru Nahdlatul Ulama Inspiratif dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0, SYAIKHUNA: Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam, Volume 11, Nomor 1, Maret 2020.

Al-‘Atthas, Habib Ali bin Husein, Ta’jul A’ras, Kudus: Menara Kudus, Cetakan I, 1977.

Al-Attas, Naquib (Ed.), Aims and Objectives of Islamic Education, Jeddah; King Abdul Aziz University, 1979.

Al-Attas, Naquib (Ed.), Islam dan Sekularisme, Terj. Karsidjo Djojosuwarno, Bandung: Pustaka, 1981.

Al-Attas, Naquib (Ed.), Konsep Pendidikan dalam Islam; Suatu Rangka-Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam, Mizan: Bandung, 1994.

Al-Attas, Naquib (Ed.), Risalah untuk Kaum Muslimin, Kuala Lumpur: ISTAC, 2001

Alaydrus, Novel bin Muhammad, Imam Ghazali Bercerita Kisah-kisah dalam Ihya’ Ulumuddin, Surakarta: Taman Ilmu, 2006.

Al-Habsyi, Sayyid Ahmad bin Zein, Syarhul‘Ainiyah, terj. Novel bin Muhammad Alaydrus, Surakarta: Putera Riyadi, 2003.

Al-Qusyairi, Risalah Qusyaririyyah ‘inda ‘Ilmi Tasawwuf, terj. Muhammad Luqman Hakim, Surabaya: Risalah Gusti, 1997.

Ambary, Hasan Mu’arif, et.al, Suplemen Ensiklopedi Islam, Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 1995.

Asy-Syathiri, Sayyid Muhammad bin Ahmad bin Umar, al-Mu’jam al-Lathif, Jeddah: ‘Alamul Ma’rifah, Cetakan I, 1986.

Asy-Syurbasi, Ahmad, Sejarah dan Biografi Empat Imam Mahzab, Jakarta: Amzah, 2008.

Azra, Azyumardi, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Rekontruksi dan Demokratisasi, Jakarta: Kompas, 2002.

Az-Zarnuji, Burhanuddin, Ta’lim Muta’alim Bimbingan bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan, terj. Aly As’ad, Kudus: Menara Kudus, 2007

Badarudin, Kemas, Filsafat Pendidikan Islam: Analisis Pemikiran Prof. M. Naquib al-Attas Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Baihaqi, Amir, Viral Video Siswa SMP Tantang Guru di Gresik, Polisi Turun Tangan, diakses dari https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4421601/viral-video-siswa-smp-tantang-guru-di-gresik-polisi-turun-tangan.

Dewey, John, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003.

Djumransjah, Karim Amrullah, Abdul Malik, Pendidikan Islam Menggali Tradisi Mengukuhkan Eksistensi, Malang: UIN Malang Press, 2007.

Fajri Alatas, Ismail, Sungai Tak Bermuara Risalah Konsep Ilmu dalam Islam Sebuah Tinjauan Ihsani, Jakarta: Diwan, 2006.

Ghoni, Abdul, Pemikiran Pendidikan Naquib al-Attas dalam Pendidikan Islam Kontemporer, Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi Volume 3, Nomor 1, Maret 2017.

Ihsan, Fuad, Dasar-dasar Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.

Ilyas, Yunahar, Kuliah Akhlaq, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Ismail dan Suhaimi, Wan, Adab dan Peradaban, Malaysia: MPH Group Printing, 2012.

Ismail SM, Paradigma Pendidikan Islam Prof. Dr. Syed Muhammad Naquib al-Attas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

Iswan dan Herwina, Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam dalam Era Milenial IR 4.0, (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi Industri yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta pada tanggal 24 Maret 2018).

Jajeli, Rois, Cerita Siswa Aniaya Guru di Sampang Hingga Meninggal Dunia, diakses dari https://news.detik.com/berita/d-3845912/cerita-siswa-aniaya-guru-di-sampang-hingga-meninggal-dunia

Kementerian Agama Republik Indonesia, Al-Quran dan Terjemahnya, Jakarta: Sahifa, 2014.

Kurnia Irawan, Yohanes, Tak Naik Kelas, Siswa Ini Nekat Pukul Gurunya Pakai Kursi Kayu, diakses dari https://regional.kompas.com/read/2017/06/20/09594541/tak.naik.kelas.siswa.ini.nekat.pukul.gurunya.pakai.kursi.kayu.

Lestari, Putri, Iman, Nurul dan Katni, Pemikiran Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib Al-Attas Tinjauan Paradigmatik dan Implementatif Konsep Ta’dib dalam Pembelajaran Agama Islam pada Tingkat SMA/MA, Jurnal Mahasiswa TARBAWI: Journal on Islamic Education, Volume 3, Nomor 1, 2019.

Lismijar, Pembinaan Sikap Ikhlas Menurut Pendidikan Islam, Jurnal INTELEKTUALITA, Volume 5, Nomor 02, 2017.

Majid, A. & Andayani, D., Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Mauladdawilah, Abdul Qadir Umar, 17 Habaib Berpengaruh di Indonesia, Malang: Pustaka Basma, 2013.

Merri Yulia M, Endin Mujahidin dan Akhmad Alim, Konsep Pendidikan Karakter Dan Akhlak Syed Muhammad Naquib Al-Attas, (Prosiding Seminar Membangun Budaya Literasi Pendidikan Bimbingan & Konseling dalam Mempersiapkan Generasi Emas di Universitas Ibn Khaldun Bogor pada tanggal 6 Maret 2018)

Misrawi, Zuhairi, Hasyim Asyari: Moderasi, Keumatan dan Kebangsaan, Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara, 2010.

Muhammad bin Abu Bakar, al-Mawa’idz al-‘Usfhuriyyah, terj. M. Khoiron, Surabaya: Apollo, tt.

Muhammad bin Hadi Assegaf, Tuhfah al-Asyraf, terj. Naufal Muhammad al-Aidarus dan Abu Abdullah al-Husaini, Surakarta: Pustaka Zawiyah, 2008.

Muhammad bin Muhammad al-Ghazali, Abu Hamid, Ihya’ Ulumudin, jilid III, terj. Muh Zuhri, Semarang: CV.as-Syifa, 1995.

Muhammad Yahya, Era Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia (Disampaikan pada Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makassar dalam acara Pidato Pengukuhan Penerimaan Jabatan Professor Tetap dalam Bidang Ilmu Pendidikan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar tanggal 14 Maret 2018).

Munawwir, Ahmad Warson, Kamus Arab-Indonesia al-Munawwir, Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.

Partanto, Pius A. dan Al Barry , M. Dahlan, Kamus Ilmiah Populer, Jakarta: Arkola, 1976.

Permana, Agus, H. Mawardi dan Ading, Kusdiana, Jaringan Habaib di Jawa Abad 20, Jurnal Al-Tsaqafa, Volume 15, Nomor 2, Desember 2018.

Pininta Kasih, Ayunda, Belajar dari Covid-19, Pakar UB: Peran Guru Tidak Terganti Teknologi, diakses dari https://edukasi.kompas.com/read/2020/05/04/140605771/belajar-dari-covid-19-pakar-ub-peran-guru-tidak-terganti-teknologi?page=all,

Prasetyo, Banu dan Trisyanti, Umi, Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial, IPTEK Jurnal of Proceedings Series, 2018.

Prasetyo, Hoedi dan Sutopo, Wahyudi, Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset, Jurnal Teknik Industri, Volume 13, Nomor 1, Januari 2018.

Rachmawati, Yeni, Pendidikan Karakter Melalui Pengembangan Model Pembelajaran Rasa Karsa Cipta Karya (RKCK), Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi 1, Juni 2012.

Rahadi, Fernan, Kasus Kekerasan Terhadap Guru Kesalahan Sistemis, diakses dari https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/19/02/13/pmuwyp291-kasus-kekerasan-terhadap-guru-kesalahan-sistemis

Rizwan, M., The Role of Teacher Impossible is Replaced by Technology, diakses dari https://jurnalfaktual.id/en/opini/peran-guru-mustahil-tergantikan-tekhnologi/,

Salim, Hairus dkk, Pendidikan Karakter Pendidikan Menghidupkan Nilai untuk Pesantren, Madrasah dan Sekolah, Yogyakarta: LKiS, 2003.

Soffandi dan Djunaedi, Wawan, Akhlak Seseorang Muslim, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2001.

Sulistyo, Rahmat, Heutagogi sebagai Pendekatan Pelatihan bagi Guru di Era Revousi Industri 4.0, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 4, No 2, Desember 2019.

Tillman, Diane, Living Values Activities for Children Agws 8-14 terj. Adi Respati dkk, Jakarta: Grasindo, 2004.

Wan Mohd Nor, Wan Daud, Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas, Bandung: Mizan, 2003.

Zaimatus Septiana, Nila, Perilaku Prososial Siswa SMP di Era Revolusi Industri 4.0 Kolaborasi Guru dan Konselor, JURNAL Nusantara of Reserch, Volume 6, Nomor 1, 2019.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal Tawadhu Indexed by:


Creative Commons License

Jurnal Tawadhu: https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License