UPAYA MENAIKKAN KUALITAS PENDIDIKAN DENGAN PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA AJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

Lurita Sari

Sari


Guru sebagai sumber terpenting dalam penyampaian materi pembelajaran tidak dipungkiri harus mempunyai seribu akal untuk mencapai kualitas pengajaran yang mumpuni. Tidak dipungkiri masa daurat kesehatan atau pandemi Covid-19 telah banyak merubah strategi belajar baik guru maupun siswanya. Semua komponen dalam kegiatan pembelajaran harus dapat mengikuti trend perkembangan tuntutan belajar. Kemampuan guru dalam penguasaan teknologi seolah mendapat tantangan baru ketika siswa dan guru tidak lagi dapat bertatap muka. Guru pun harus bisa memuaskan orangtua siswa sebagai pihak pelanggan dari layanan pendidikan. Guru juga harus bias memnuhi target mengajar tuntas dan mendapatkan hasil berupa feedback langsung dari para siswanya. Guru pun tidak lagi gusar karena feedback tersebut secara langsung dapat dilihat pada saat setelah siswanya dipastikan menyimak melalui media yang disepakati. Youtube sebagai solusi alternative media pembelajaran mencoba menaikkan kualitas pengajaran guru dimasa pandemic Covid-19 dirasakan sebagai oase di padang pasir.


Kata Kunci


Kualitas Pendidikan, Pandemi Corona-19, Youtube, Media Belajar, Minat Belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, Abu. (2009). PsikologiSosial. Jakarta: Rineka Cipta.

A.M. Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Bimo, Walgito. (2010). Pengantar Psikolog Umum. Yogyakarta: C. V Andi.

Depdiknas. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. (2002). Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Green, B., & Hope, A. (2010). Promoting Clinical Competence Using Social Media. Nurse Educator Journal, 35(3), 127-129.

Nurkolis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model dan Aplikasinya. Jakarta: Grasindo.

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryaman, Maman. (2015). Penggunaan Youtube Sebagai Media Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Pada Kurikulum 2013. Jurnal Oktodika, 14 (5), 56-71.

Wijanarko. (2017). Pemanfaatan Web Youtube Dalam Pembelajaran PAI. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Ganesha, Vol 4 Tahun 2017.

Zulganef. (2008). Metode Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.