KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

Siti Baro'ah

Sari


Pendidikan bermutu adalah pendidikan yang mampu melakukan proses pematangan kualitas siswa yang dikembangkan dengan cara membebaskan siswa dari ketidak tahuan dan ketidak mampuan. Dengan adanya pendidikan yang bermutu maka akan terlahir generasi atau sumber daya manusia yang unggul dalam segala aspek kehidupan. Banyak kebijakan yang telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan, seperti kebijakan merdeka belajar. Institusi pendidikan juga tidak kalah tertinggal dalam peningkatan mutu pendidikan yaitu dengan terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta kualitas pembelajarannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dimana penelitian deskriptif dalam hal ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan kebijakan merdeka belajar sebagai usaha meningkatkan mutu pendidikan. Sedangkan sumber yang diambil yaitu dari buku -buku ilmiah yang sudah diterbitkan dengan maksud untuk dijadikan sebagai bahan referensi. Hasil dari penelitian ini menunjukan, terkait dengan diterapkannya kebijakan merdeka belajar bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui proses pembelajaran, komitmen dari guru, serta kreatifitas dan dukungan dari kepala sekolah.


Kata Kunci


Kebijakan Merdeka Belajar, Mutu Pendidikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


HAR. Tilaar. Kekuasaan dan Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta. 2009

Husaini Usman. Manajemen Teori,Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta:BumiAksara. 2013.

Made Pirdata. Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Bina Aksara. 1998.

Moh. Yamin. Ideologi & Kebijakan Pendidikan, Menuju Pendidikan Berideologis dan Berkarakter.Malang : Madani. 2013

Munif Chatib. Gurunya Manusia, Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung :Kaifa. 2013

Syaiful Sagala. Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2007.

Syaiful Sagala. Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat (strategi memenangkan persaingan mutu). Jakarta:Nimas multima. 2004.

Widya Ningsih. "Merdeka Belajar melalui Empat Pokok Kebijakan Baru di Bidang Pendidikan ". Diakses tanggal 2020-04-14.

Media, Kompas. "Terobosan Merdeka Belajar Nadiem Makarim, Ubah Sistem Zonasi hingga Hapus UN". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2020-04-14.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal Tawadhu Indexed by:


Creative Commons License

Jurnal Tawadhu: https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License