INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN IPA

Ewita Cahaya Ramadanti

Sari


Pendidikan tidak terlepas dari proses pembelajaran yang tersusun secara Sistematis, pembelajaran menjadi kata kunci dalam meningkatkan kualitas Pendidikan di negeri ini. Pembelajaran merupakan suatu proses yang terdiri dari kombinasi dua aspek yaitu belajar tertuju kepada apa yang harus dilakukan oleh siswa, mengajar berorientasi pada apa yang harus dilakukan oleh guru sebagai pemberi pelajaran. Kedua aspek ini akan berkolaborasi secara terpadu menjadi suatu kegiatan pada saat terjadi interaksi antara guru dengan siswa, serta antara siswa dengan siswa disaat pembelajaran sedang berlangsung.
Pembelajaran berbasis Integrasi IPA dan Islam penting dilaksanakan di pendidikan dasar SD/MI. Pembelajaran IPA atau sains dengan adanya integrasi sains dan Islam hanya akan membekali siswa untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dengan kekuatan iman dan taqwa. Peningkatan iman dan taqwa melalui mata pelajaran dilakukan oleh guru yaitu dengan cara mengaitkan nilai-nilai Imtak (iman dan taqwa)
Nilai-nilai Iman dan Taqwa dapat diajarkan kepada siswa antara lain melalui pembelajaran biologi alat indera. Melalui pembelajaran ini siswa dapat diberikan pemahaman bahwa alat indera merupakan anugerah dari Allah Swt agar manusia bersyukur dengan cara menggunakannya untuk mencari kebenaran dan keyakinan terhadap ayat-ayat Allah Swt.


Kata Kunci


Integrasi, Nilai-nilai Islam, IPA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman. 2007. Meaningful Learning Re-Invensi Kebermaknaan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad, Beni dan Hamid, Abdul. 2012. Ilmu Akhlak. Bandung: CV Pustaka Setia.

Al-Ghazali, Muhammad. 1995. Akhlak Seorang Muslim. Bandung: PT Al Ma’arif.

Aly, Hery Noer dan Munzier. 2003. Watak Pendidikan Islam. Jakarta: Friska Agung Insani.

Amri Syafri, Ulil. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: Rajagrafindo Persada,.

Arikunto, Suharsimi. 1990. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

FORKOMSI FEB UGM. 2019. Revolusi Industri 4.0. Sukabumi: CV. Jejak Publisher.

Halimatuss’diyah. 2020. Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Surabaya: CV. Jagad Media Publishing.

Ilyas, Yunahar. 2014. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: LPPI.

Iswan dan Herwina. 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam dalam Era Millenial IR. 4.0”, makalah Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0” di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia, 24 Maret 2018.

Joenaidy, Abdul Muis. 2019. Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 . Yogyakarta: Laksana.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nata, Abuddin. 2013. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada,.

Ningsih, Tutuk. 2019. “Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Revolusi Industri 4.0 pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas”, pada Jurnal Insania Vol. 24 No. 02 Juli-Desember 2019.

Pratama, Dian Arif Noor. 2019. “Tantangan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Membentuk Kepribadian Muslim”, dalam Jurnal Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 03 No. 01 Maret 2019.

Samani dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Savitri, Astrid. 2019. Revolusi Industri 4.0: Mengubah Tantangan menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0. Yogyakarta: Huta Media.

Tohirin. 2013. Khasanah Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Umar, Bukhari. 2012. Hadis Tarbawi. Jakarta: Amzah.

Wangsa Gandhi, Teguh. 2011. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Zidniyati. 2019. “Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0”, dalam Jurnal TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam Vol. 03 No. 01


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal Tawadhu Indexed by:


Creative Commons License

Jurnal Tawadhu: https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License