KONSEP PERUBAHAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN TERPADU

Janatun Istiana

Sari


Pembelajaran terpadu sebagai suatu konsep merupakan pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi anak. Dalam mengimplementasikan Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar seorang pendidik harus memahami bagian-bagian dari Pembelajaran Terpadu itu sendiri. Mengimplementasikan sebuah pembelajaran terpadu harus mengetahui bagaimana karakteristik dan prinsip-prinsip yang ada dalam pembelajaran terpadu. Prinsip pembelajaran terpadu dibagi menjadi 4 macam, yaitu penggalian tema, pengelola pembelajaran, evaluasi dan reaksi. Model pembelajaran terpadu dibagi menjadi 10 macam, connected, nested, sequenced, shared, webbed, threaded, integrate, Immersed dan networked. Mempelajari bagian-bagian yang terdapat dalam pembelajaran terpadu dapat memberikan pengetahuan tentang pentingnya pembelajaran terpadu baik bagi pendidik maupun siswa.


Kata Kunci


Perubahan Pendidikan, Pembelajaran Terpadu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman. 2007. Meaningful Learning Re-Invensi Kebermaknaan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad, Beni dan Hamid, Abdul. 2012. Ilmu Akhlak. Bandung: CV Pustaka Setia.

Al-Ghazali, Muhammad. 1995. Akhlak Seorang Muslim. Bandung: PT Al Ma’arif.

Aly, Hery Noer dan Munzier. 2003. Watak Pendidikan Islam. Jakarta: Friska Agung Insani.

Amri Syafri, Ulil. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: Rajagrafindo Persada,.

Arikunto, Suharsimi. 1990. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

FORKOMSI FEB UGM. 2019. Revolusi Industri 4.0. Sukabumi: CV. Jejak Publisher.

Halimatuss’diyah. 2020. Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Surabaya: CV. Jagad Media Publishing.

Ilyas, Yunahar. 2014. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: LPPI.

Iswan dan Herwina. 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam dalam Era Millenial IR. 4.0”, makalah Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0” di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia, 24 Maret 2018.

Joenaidy, Abdul Muis. 2019. Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 . Yogyakarta: Laksana.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nata, Abuddin. 2013. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada,.

Ningsih, Tutuk. 2019. “Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Revolusi Industri 4.0 pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas”, pada Jurnal Insania Vol. 24 No. 02 Juli-Desember 2019.

Pratama, Dian Arif Noor. 2019. “Tantangan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Membentuk Kepribadian Muslim”, dalam Jurnal Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 03 No. 01 Maret 2019.

Samani dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Savitri, Astrid. 2019. Revolusi Industri 4.0: Mengubah Tantangan menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0. Yogyakarta: Huta Media.

Tohirin. 2013. Khasanah Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Umar, Bukhari. 2012. Hadis Tarbawi. Jakarta: Amzah.

Wangsa Gandhi, Teguh. 2011. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Zidniyati. 2019. “Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0”, dalam Jurnal TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam Vol. 03 No. 01.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.