MERDEKA BELAJAR SEBAGAI METODE PENDIDIKAN ISLAM DAN POKOK PERUBAHAN (Analisis Pemikiran K. H. Hamim Tohari Djazuli)

Kholis Mu’amalah

Sari


Pendidikan Islam merupakan sub-sistem pendidikan nasional yang sesungguhnya diharapkan berperan penting dalam pencapaian tujuan pendidikan yang diamanatkan oleh Undang-undang. Dalam mendidik masyarakat, masing-masing guru, kyai maupun ustad tentu mempunyai metode dan ciri khas yang berbeda antara satu dengan yang lain, begitu juga dengan seorang tokoh ulama seperti K.H. Hamim Tohari Djazuli (yang selanjutnya disebut Gus Miek), tentu mempunyai metode yang unik dan berbeda dengan tokoh-tokoh lainya. dimana metode tersebut merupakan pergulatan beliau dengan masyarakat, mulai dari mendidik kalangan santri, masyarakat umum sampai para bromocorah (pelaku maksiat) gemerlap dunia malam, Gus Miek bimbing dan dekati karena tujuanya yang sangat mulia, Gus Miek menyadari bahwa hanya sedikit para pendakwah berpejuang  mendidik dan membimbing masyarakat di lingkungan dunia maksiat seperti di diskotik, ditempat lokalisasi Dan di lingkungan masyarakat lain.

Dengan pendekatan membebaskan para pengikut dan santrinya untuk mau mengikutinya, dalam istilah sekarang adalah merdeka belajar. Dengan pendekatan itulah tidak sendikit orang yang mau mengikuti arahan dan pendidikan Gus Miek.


Kata Kunci


Merdeka Belajar, Metode Pendidikan Islam, Pokok Perubahan, Pemikiran Gus Miek

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, M, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011

Fuadi, M. Alwi, Nasihat Gus Miek Membangun Keluarga Sakinah, Yogyakarta: PT. LkiS Printing Cemerlang, 2009

Hornbay, A.S, Oxford Advanced Learners Dictionary of Current English, (tp: Oxford University Press 1963),533

Ibad, Muhammad Nurul, Dhawuh Gus Miek, Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2007.

_____, Perjalanan dan Ajaran Gus Miek, Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2007

_____, Suluk Jalan Terabas Gus Miek, Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2007.

M.Arifin, Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara, edisi I, 1991.

Nata, Abudin, Filsafat Pendidikan Islam I, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, Cet. I, 1997

Nurfuadi, Profesionalisme Guru, Purwokerto: STAIN Press, 2012

Pemerintah RI, Undang-Undang No. 20 Th. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Th. 2003, cet. ke-1,Jakarta: CV. Mini Jaya Abadi, 2003

Supiana, M.Ag – M. Karman, M.Ag, Ulumul Quran dan Pengenalan Metode Tafsir, Cet. I, Pustaka Islamika, Bandung, 2002.

Tafsir, Ahmad, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet.VIII, 2004), 9.

Toha, Chabib, dkk, Metodologi Pengajaran Agama, Yogyakarta: IAIN Wali Songo semarang, 1999

https;//id.wikipedia.org. diakses tanggal 7/04/2020.01.51

hptp//nasional.tempo.co.diakses 7/04/2020.01.43


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal Tawadhu Indexed by:


Creative Commons License

Jurnal Tawadhu: https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License