DEKONSTRUKSI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA PERUBAHAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN (Menelaah Kembali Kepemimpinan Pendidikan Melalui Pemikiran Niesche)

Muhammad Anis Afiqi

Sari


Teori kepemimpinan menekankan kepada kebutuhan untuk membuat visi kooperatif dalam lingkungan belajar yang tidak mengancam. Strategi ini sebagai pembuatan keputusan partisipasi, refleksi, dan kesadaran diri itu penting pada pandangan kepemimpinan. Kecenderungan orang mengatakan bahwa pemimipin dapat dikatakan efektif jika memiliki sifat atau ciri-ciri khusus yang sangat penting. Sebagai contoh adalah: kharisma, daya persuasi, visi, dan intensitas. Kepemimpinan telah menjadi kajian yang menarik untuk ditelaah. Richard Niesche melalui buku yang berjudul Decontructing Educational Leadership mencoba menelaah kembali makna kepemimpinan itu sendiri, khususnya kepemimpinan pendidikan. Niesche menggunakan perspektif Derrida dan Lyotard (sebagai ahli filsafat bahasa) untuk membongkar struktural pengertian kepemimpinan pendidikan. Derrida menghadirkan kesulitan dalam hal menggunakan berbagai macam permainan kata secara filosofis yang dengan sengaja membongkar teks dan gaya tulisan tradisional. Sebuah teks akan perlu dibaca berulang kali sebelum seseorang mulai memahami arti tersembunyi, interpretasi, dan dekonstruksi yang diajukan.


Kata Kunci


Kepemimpinan, Perubahan Pendidikan, Niesche

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Mawardi, Imam. (2000). Al-Ahkaamus-Sulthaaniyyah Wal-Wilayaatud-Diiniyyah, Terj. Abdul Hayyi al-Kattani, Jakarta: Gema Insani Press.

Derrida, Jackques. (1997). Of Grammatology, Amerika: The John Hopkins University Press.

Dirawat dkk. (1983). Pengantar Kepemimpinan Pendidiakn, Surabaya: Usaha Nasional

Hasibuan, Malayu. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Judy Reinhartz and Don M. Bach, (2004). Educational Leadership ; Changing Schools, Changing Roles, Boston: Pearson.

Northouse, Peter G. (2005). Leadership, Theory and Practice, New Delhi.

Poerwadarumita, WJS. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, balai pustaka.

Purwanto, Ngalim. (2010). Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ribbins, Peter. (1997). Leader and Leadership in the School, Collage and University, London: Wellington House.

Sudjana, Nana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sulistyorini. (2001). Hubungan Antara Manajerial Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru, Jurnal Ilmu Pendidikan, Th 28 no.1 Januari 2001

Suprayogo, Imam. (1999). Revormulasi Visi Pendidikan Islam, Malang: Stain Press,

Terry, George R. (1997). Principles of Management, Richard D. Irwin, INC. Homewood, Irwin-Dorsey Limited Georgetown, Ontario

Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah tinjauan teoritik dan permasalahan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yukl, Gary. (2010). Leadership in Organization, New Jersey: Pearson.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal Tawadhu Indexed by:


Creative Commons License

Jurnal Tawadhu: https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License