PERILAKU PENDIDIK (Studi Pemikiran Syaih Mohammad Hasjim Asy'arie dalam Kitab ‘adabul ‘alim wal Muta’alim fii Baabu Al Khomis dan Implementasinya di era otomasi)

Ahmad Mukhlasin

Sari


Tanggapan atau reaksi individu terhadap rangsangan atau lingkungan perlu dibangun sebuah kepekaan baik dalam lingkup kebutuhan skill maupun non skill. Persaingan yang sudah begitu luas tidak bisa lagi dihentikan dengan alasan jarak tempuh yang berefek pada banyaknya waktu tempuh yang dihabiskan. Pendidikan yang menjadi cermin masa depan suatu bangsa harus kokoh terbangun melalui sendi-sendi optimisme dalam berbagai skala dan kajian. Guru yang disitu menjadi sosok utama subjek tidak bisa dianggap remeh. Peran ganda yang menjadi tanggung jawabnya tidak bisa dibatasi dengan apapun dan oleh apapun. maka dari itu, Guru sebagai aktor pertama dalam melukiskan wajah bangsa harus dibingkai dan disatukan dengan kepribadian yang menjadikan tampilan wajah bangsa yang cemerlang, memiliki bobot dan daya saing yang humanis.

  Syaih Mohammad Hasjim Asy'arie sebagai sosok trand senter dalam berbagai wilayah kebutuhan berbangsa. Kiyai dan bangsawan yang melekat dalam dirinya tidak menjadi belenggu untuk membentuk sebuah kepribadian yang efeknya umun. Dalam Kitab ‘adabul ‘alim wal Muta’alim, beliau berfikir jauh tentang sebuah konsep yang pantas dilakukan dalam ranah sekolah dan tentu efeknya adalah masyarakat secara global. Karakter atau sebuah kepribadian baik, beliau konsep untuk kepentingan yang tidak sesaat sehingga teori-teori dalam pemikirannya relevan pada saat ini yang tentu dengan menilai deras dan cepatnya sebuat perputaran peradaban manusia hari ini, dan tentunya harus ada kontrol dari manusia itu sendiri.


Kata Kunci


Pendidikan, Syaih Mohammad Hasjim Asy'arie, Perilaku Pendidik, ‘adabul ‘alim wal Muta’alim

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Kepemimpinan Kiai; lihat juga Anam, Pertumbuhan,

Khuluq, Lathiful. Fajar Kebangunan Ulama, Yogyakarta: LKiS, 2000

Muhammad Hasyim Asy’arie al jombangi, adabul alim wal mutaalim, Tt. Ma’had Tebuireng Jombang.

Tim Kementrian Sosial Republik Indonesia Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial, Kyai Haji Hasyim Asj’arie, https://pahlawancenter.com/kyai-haji-hasyim-asjarie/

Tim Wikipedia Indonesia, Hasjim Asy'ari, https://id.wikipedia.org/wiki/Hasjim_Asy%27ari#cite_note-2,

Wink, Biografi KH Hasyim Asy’ari, Pendiri Nahdlatul Ulama (NU), https://www.biografiku.com/biografi-kh-hasyim-asyari-pendiri-nahdlatul-ulama/, di akses pada 19 September 2019


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.