PENDIDIKAN PESANTREN SALAF (telaah nilai-nilai humanis-religius)

Rohmat Rohmat

Sari


Model pendidikan pesantren salaf adalah melalui system bandungan-wetonan dan sorogan. Bandugan dilakukan dengan pendidikan secara kolektif dipandu oleh Kiai. Bandungan umumnya dilakukan dengan mengambil wetonan, yaitu hari-hari pasaran tertentu seperti kliwonan, pahingan. Sedangkan sorogan adalah model pendidikan tiap santri menghadap pada kiai untuk mengkaji kitab-kitab tertentu. Adapun nilai-nilai humanis-religius dari sistem pendidikan pesantren salaf mengacu pada nilai-nilai al-Qur`an yang sangat memperhatikan tentang humanisme atau memanusiakan manusia. Humanism-religius juga dimaknai sebagai sebuah konsep keagamaan yang menempatkan manusia sebagai manusia, serta upaya humanisme ilmu-ilmu dengan tetap memperhatikan tanggung jawab hablum minallah dan hablum min al-nas. Konsep ini jika diimplementasikan akan menghilangkan individualisme menuju kemandirian dan tanggung jawab, thirst for knowledge, pendidikan pluralisme, kontekstualisme yang lebih mementingkan fungsi dari simbol serta keseimbangan antara reward dan punishment.


Kata Kunci


Pendidikan, pesantren, humanis, religius

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman Mas’ud. Intelektual Pesantren; Perhelatan Agama dan Tradisi. (Yogyakarta: El-Kis: 2004).

Abdurrahman Wahid, Pesantren Sebagai Sub Kultur, dalam M.Dawam Rahardja (ed), Pesantren dan Pembaharuan, (Jakarta: LP3ES: 1974)

Azyumardi Azra, Esei - Esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, (Jakarta: logos Wacana Ilmu: 1998)

Baharuddin dan Makin, Moh. Pendidikan Humanistik. (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media: 2007).

Dian Nafi’, M. Praksis Pembelajaran Pesantren. (Yogyakarta: El-Kis, disadur dari ITD, Cet. 1: 2007).

Karel A. Steenbrink, Pesantren Madrasah Sekolah, (Jakarta: LP3ES:1994)

Marzuki Wahid, dkk, Ed. Pesantren Masa Depan; Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. (Bandung: Pustaka Hidayah: 1999)

Mastuhu, Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, (Jakarta: Logos wacana ilmu: 1999)

Mujamil Qomar. Epistemologi Pendidikan Islam. (Jakarta: Erlangga: 2014)

Nurcholish Madjid, Bilik-bilik Pesantren:sebuah potret perjalanan, (Jakarta: Paramadina: 1997)

Sukamto, Kepemimpinan Kiai dalam Pesantren, (Jakarta: Pustaka LP3ES: 1999)

Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kiai, (Jakarta: LP3ES,1994).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.