EKSISTENSI ADAB BELAJAR MENGHADAPI ERA DIRUPSI PENDIDIKAN DALAM PERADABAN OTOMASI

Ah Syarif Hidayah

Sari


Pembelajaran merupakan bagian inti dari pendidikan yaitu adanya interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam usaha mempelajari suatu hal agar peserta didik mampu menguasai kompetensi yang telah dirumuskan. Merambahnya sistem otomasi ke segala penjuru dunia akan membuat manusia berfikir dan bersiap menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda agar tidak tersingkir dalam persaingan global. Sistem otomasi turut pula menjangkau bidang pendidikan yang kemudian munculkan disrupsi pendidikan.

Pada era disrupsi pendidikan, seorang anak akan sangat akrab dengan gadget dan teman sebaya yang terhubung. Kepribadian seorang anak saat ini sangat berpengaruh pada pengoperasian gadget dan pola pergaulan dengan teman sebayanya.

Eksistensi pendidikan Islam dalam peradaban otomasi memerlukan kolaborasi antara pendidikan Islam dengan perkembangan zaman. Kolaborasi yang harmonis antara konsep pendidikan salaf dengan kemajuan teknologi akan memperkuat keberadaan pendidikan Islam dan akan melahirkan generasi yang dapat melahirkan generasi yang berwawasan global tetapi tidak meninggalkan kearifan lokal.


Kata Kunci


Pembelajaran, Disrupsi, Peradaban Otomasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, Kemas Mas’ud. 2016. “Integritas Pendidikan Agama Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi” dalam Jurnal Tadrib Edisi Vol. II No. 1, Juni 2016

Az Zarmuji. 2009. Ta’lim Muta’alim. Terj: Abdul Kadir Al Jufri. Surabaya. Mutiara Ilmu

Fatmah. “Hubungan Sistem Otomasi Dengan Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar”. Skripsi (UIN Alauddin Makassar, 2016)

Indianto, Dimas. 2019. “ Pendidikan Agama Islam dalam Revolusi Industri 4.0” Prosiding Seminar Nasional Prodi PAI di Universitas Muhammadiyah Purwokerto Tahun 2019

Iswan dan Herwina. 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam dalam Era Milenial IR 4.0” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi Industri yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta pada tanggal 24 Maret 2018

KBBI Daring, http://kbbi.kemdikbud.go.id/ diakses pada 18 September 2019

Priatmoko, Sigit. 2018. “Memperkuat Eksistensi Pendidikan di Era 4.0” dalam Jurnal Ta’lim Edisi Vol. 1 No. 2, Juli 2018

Shodiq, Sadam Fajar. 2018. “Revival Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Era Revolusi Industri 4.0” dalam Jurnal At Tajdid Edisi Vol. 02 No. 02, Juli – Desember 2018

Wiranata, RZ. Ricky Satria. 2019. “ Tantangan, Prospek dan Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0” dalam Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Edisi Vol. 8 No. 1, Juni 2019

Yahya, M. Slamet. 2006. “Startegi Pendidikan Islam Manghadapi Kemajuan IPTEK” dalam Jurnal Insania Edisi Vol. 11 No. 1, Januari – April 2006


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.