ḤIFẒ AL-NAFS: MENILAI EFETIVITAS HUKUM PIDANA INDONESIA PERSPEKTIF MAQĀṢID AL-SYARĪAH

Akhmad Sulaiman

Abstract


Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menilai efektivitas hukum pidana yang diterapkan di Indonesia dalam persektif maqāṣid al-syarīah.Penulis memfokuskan pada hukum pidana pembunuhan. Dalam dsikursus maqāṣid al-syarīah, terdapat dua unsur penting yaitu maqṣad dan wasīlah. Ḥifẓ al-nafs merupakan maqṣad sedangkan qiṣāṣ merupakan wasīlah. Karena ḥifẓ al-nafs adalah tujuannya, qiṣāṣ bisa diganti dengan wasīlah lain seperti hukuman penjara yang diatur dalam KUHP. Dengan melihat fakta bahwa kasus-kasus pembunuhan masih terjadi bahkan meningkat, penulis menyimpulkan bahwa hukuman penjara tidak efektif dan harus diganti dengan hukuman qiṣāṣ setelah melalui proses objektivikasi agar bisa diterima oleh semua warga negara Indonesia baik muslim maupun non- muslim. Objektivikasi merupakan proses penerjemahan ajaran-ajaran internal agama ke dalam ketegori-kategori objektif agar bisa diterapkan, diaktualisasikan dan diterima manfaatnya oleh semua orang. Di samping itu, penguatan pendidikan keluarga dan sekolah dengan menekankan aspek moral merupakan langkah preventif guna mencapai tujuan ḥifẓ al-nafs.

Kata Kunci: ḥifẓ al-nafs, hukum pidana, maqāṣid al-syarīah, qiṣāṣ


Full Text:

PDF

References


Syātibi, Abū Isḥāaq Ibrāhīm al. (2000). al-Muwāfaqāt. vol. 2. ed. Abū ‘Abīdah Masyhūd. t.k: Dār Ibn Affan.

Sa’adah, Sri Lum’atus. (2012). Pemikiran Fiqh Progersif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Audah, Jaser. (2013). Al-Maqâṣid untuk Pemula. Terj. ‘Ali Abdu mon’in. Yogyakarta: UIN Suka Press.

_________. (2008). Membumikan Hukum Islam melalui Maqāṣid Syariah. terj. Rosidin dan ‘Ali ‘Abdulmon’in. Bandung: Mizan.

Qaraḍāwi, Yūsuf al- . (2008). Dirāsah fi Maqāṣid al-Syarīah:, Bayn al-Maqāṣid al-Kulliyyah wa al-Nuṣūṣ al-Juz’iyyah. Cairo: Dār al-Syurūq.

Moeljanto. (2012). KUHP: Undang-undang Hukum Pidana. Jakarta:Bumi Aksara.

MD, Mahfud. Kata Pengantar: Jiwa Syariat dalam Konstitusi Kita dalam Masdar Farid Masudi. (2012). Syarah Konstitusi UUD 1945 Perspektif Islam. Jakarta: P3M, 2012.

Zuhaili, Muhammad Wahbah al-. (1987). Uṣūl al-Fiqh al-Islāmy. Vol 2. Damaskus: Dār al-Fikr. Khalaf, Abd al-Wahhāb. (t.t)‘Ilm Uṣūl al-Fiqh. Surabaya: al-Haramain.

‘Asyūr, Muhammad al-Ṭāhir ibn. (2016). Maqāṣid al-Syarīah al-Islāmiyyah. Tunis: Dār al-Salām.

Bājūri, Ibrahim al-. (t.t). Ḥāsyiyah al-Bājūri ‘ala Ibn Qāsim. Vol. II. Surabaya: Haramain.

Syibīni, Muhammad al-. (t.t). al-Iqnā’ fi Hill Alfādz Abū Syujā’. Vol. 2. Surabaya: al-Haramain.

San`āni, Muhammad ibn Ismā`īl al. (2014). Subul al-Salām. Vol.3. Beirut: Dār al-Kotob al-Ilmiyah.

Umar, Nasaruddin. (2014). Deradikalisasi Pemahaman Al-Qur’an & Hadis.Jakarta: Quanta, 2014.

________________. (2001). Argumen Kesetaraan Jender Perspektif Al-Qur’ân. Jakarta: Paramadina.

Bigha, Musṭafā Dib al-. (t.t). Tadzīb fī Addilah Matn al- Gāyah wa at- Taqrīb. Surabaya: Haramain.

Ibrahim, Duksi. (2013). Metode Penetapan Hukum Islam: Membongkar Konsep Istiqra’ Ma’nawi Asy-Syatibi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Saeed, Abdullah. (2006). Interpreting the Qur’ān: Toward Contemporary Appoach. London dan New York: Routlage.

Bik, Muhammad al-Huḍari. (2005). Tārīkh Al-Tasyrī al-Islāmi`. Cairo: Dār al-Syurūq.

Reksodiputro, Marjono. (2016). Beberapa Catatan untuk Perjalanan Sejarah Hukum Pidana Indonesia. Jakarta: Jentera.

Bahiej, Ahmad. Sejarah dan Problematika Hukum Pidana Materiel di Indonesia, Sosio-Religia, 4 (4), 2005, 1-22. UU No.1 Tahun 1946.

Arsil. (2015). Amandemen KUHP: Alternatif (Lain) Perubahan Hukum Pidana Indonesia. Jakarta: Institute for Criminal Justice Reform.

Darussamin, Zikri. (2014.) Qisas dalam Islam dan Relevansinya dengan masa kini, Asy-Syariah, 48 (1) 2014, 99-130.

Angka Pembunuhan di Jakarta Meningkat 4 Persen Tahun ini. 2015. (https://news.detik.com/berita/3107908/angka-pembunuhan-di-jakarta-meningkat-4-persen-tahun-ini), diakses 18 Maret 2018.

IPW: Angka Pembunuhan di Januari 2016 Meningkat. (2016).(http://fokusjabar.com/2016/02/01/ ipw-angka-pembunuhan-di-januari-2016-meningkat, 2016), diakses 19 Maret 2018.

Kasus Pembunuhan Sadis di Sumsel Sepanjang 2017. (2007). (http://m.liputan6.com/regional/read/3209766/6-kasus-pembunuhan-sadis-di-sumsel-sepanjang-2017), diakses 19 Maret 2018.

Moerings, Martin. (2012). Apakah Pidana Penjara Efektif. Hukum Pidana dalam Perspektif. ed. Agustinus Pohan dkk. Denpasar: Pustaka Larasan.

Anisah, Siti. (2016). Penerapan Hukum Qishash untuk Menegakan Keadilan, Jurnal Syari’ah, 4 (2) 2016 , 98-111.

Kuntowijoyo. (2004). Islam Sebagai Ilmu:Epistemologi, Metodologi dan Etika. Bandung: Teraju Mizan.

Abudin Nata, Manajemen Pendidikan Islam:Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Purwanto, Ngalim. (2005). Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.Bandung: Rosyda, 2005.

Keluarga Broken Home Dorong Anak Berbuat Kejahatan. (2011) (http://m.detik.com/news/berita1796462/keluarga-broken-home-dorong-anak-berbuat-kejahatan), diakses 20 Maret 2018.

Rohmat. (2015). Konsep Pendidikan Keluarga menurut Kiai Khariri Shofa. Skripsi, FTIK: IAIN Purwokerto.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.