HUKUM ADAT DAN PENERAPANNYA DALAM EKONOMI ISLAM

NFN Nasrulloh

Abstract


Adat/‘Urf ’merupakan suatu hal yang dikenal dan dibiasakan oleh banyak orang, baik berupa ucapan, perbuatan, ataupun meninggalkan sesuatu. ‘Urf terbagi menjadi dua, yaitu ‘urf shahîh dan ’urf fâsid. ‘Urf shahîh merupakan adat kebiasaan masyarakat yang tidak bertentangan dengan dalil syar‘i, sedangkan ‘urf fâsid adalah adat kebiasaan masyarakat yang bertentangan dengan dalil syar’i. ‘Urf shahîhitulah yang bisa dijadikan sebagai hukum Islam karena sesuai dengan ajaran Islam. ‘Urf shahîhyang telah dijadikan sebagai hukum syari’at itu kemudian disebut dengan al-‘Âdah al-Muhakkamah (hukum adat); Atau dengan ungkapan lain al- ‘Âdah al-Muhakkamah adalah hukum syari’at yang dikukuhkan.

Ekonomi Islam adalah perbuatan atau kegiatan usaha yang dilaksanakan menurut prinsip Islam. Meliputi bank Islam, lembaga keuangan makro Islam, asuransi Islam, reasuransi Islam, reksadana Islam, obligasi Islam dan surat berharga berjangka menengah Islam, sekuritas Islam, pembiayaan Islam, pegadaian Islam, dana pensiun lembaga keuangan Islam, dan bisnis Islam.

Contoh penerapan al-‘Âdah al-Muhakkamah dalam mu’âmalah antara lain sahnya model mu‘âthah (Jw; Ulung-ulungan), yakni jual beli tanpa îjâb qabûl, namun dengan bentuk lain yang searti dengan îjâb qabûl. Contoh lain misalnya kewajiban pencatatan tabungan dan hutang-piutang dalam perbankan Islam.


Full Text:

PDF

References


Al-Gazali, Ihyâ Ulûmaddîn, dalam dalam al-maktabah asy-syâmilah, al-ishdâr ats-tsâni 2.08. website: http://www.shamela.ws.

Al-Jalîlain, Tafsîr al-Qur’ân al-‘Azhîm, dalam al-maktabah asy-syâmilah, al-ishdâr ats-tsâni 2.08. website: http://www.shamela.ws.

Ka’bah, Rifyal, Islamic Law as a State Law in Indonesia, sebuah makalah disampaikan pada Annual Conference and International Seminar: Transformasi Nilai-Nilai Islam Dalam Membangun Peradaban Baru Dunia, Program Pascasarjana IAIN Sulthan Taha Saifuddin, Jambi, Sabtu 5 Desember 2009.

Khallaf, Abdul Wahhab, Ilm Usul Fiqh, Mesir: Maktabah Da‘wah Islamiyyah Syabab al-Azhar.

Rivai, Veithzal dan Arviyan Arifn, 2010, Islamic Banking, Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.