EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKHLAK SISWA

Khulaimata Zalfa, Uswatun Chasanah

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui tingkat akhlak siswa kelas V MI Ma’arif Gandrungmanis; 2) Untuk mengetahui keefektifan metode hypnoteaching dalam meningkatkan akhlak siswa kelas V MI Ma’arif Gandrungmanis tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Ma’arif Gandrungmanis kecamatan Gandrungmangu pada bulan Januari - Juli 2017. Variable bebas dalam penelitian ini adalah hypnoteaching sedangkan variable terikatnya adalah akhlak. Analisis data menggunakan Paired-sample T test yaitu analisis dengan melibatkan dua pengukuran pada subyek yang sama terhadap suatu pengaruh atau perlakuan tertentu. Analisis data ini disesuaikan dengan desain Quasi Experiment penelitian ini. Hasil penelitian yaitu: 1) akhlak siswa: (a) sebelum mendapatkan hypnoteaching nilai tertinggi 67 dan nilai terendah 58 dengan nilai rareta kelas 62,97 ; (b) setelah mendapatkan hypnoteaching nilai tertinggi 76 dan nilai terendah 67 dengan nilai rerata kelas 71,42.; 2) Metode hypnoteaching efektif digunakan untuk meningkatkan akhlak siswa kelas V MI Ma’arif Gandrungmanis tahun pelajaran 2016/2017.

Kata Kunci


akhlak;hypnoteaching

Teks Lengkap:

PDF- Full Teks (English)

Referensi


Desmita.2014.Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Rima Wati, Ega & Kusuma, Shinta. 2016.Menjadi Guru Hebat dengan Hypnoteaching, Yogyakarta: Kata Pena

Robby, Machrubiansyah. 2016. Hypnosis Go Untuk Hidup Yang Lebih Baik, Jakarta: Bintang Wahyu.

Subiyono. 2012.“Pengaruh Metode Hypnoteaching terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Bina Bangsa Surabaya”, Jurnal Pendidikan Agama IslamVol. 1 No. 2, 2012

Yustisia, N.2012.Hypnoteaching Seni Ajar Mengeksplorasi Otak Peserta Didik, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.