PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Maskuri Maskuri

Sari


The character education of discipline within the scope of the school is the effort of giving guidance to the learners in order to have self control to comply with all rules and regulations that exist, and avoid any deviations and violations that can harm both students and schools as a whole, which is expected it can applied also in everyday life. In this case, the main purpose of disciplined character education for learners is not to provide fear or restraints, but to educate learners in order to organize and control themselves in behaving. To realize all it is necessary to the process of planting the character of discipline in school. If speaking embeds a character, then a method is needed. The method of discipline character education that can be invested in schools include: the method of habituation as the main method, which is then supported by several other methods such as: punishment method; exemplary methods; methods of advice; methods of observation and supervision; methods of advice, orders and restrictions; methods of praise and rewards; as well as methods of reprimands, warnings, and threats.

Kata Kunci


Character Education;Discipline

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Al-Asqolani, Ibnu Hajar. 2009. Fathul Baari: Syarah Shahih Al-Bukhari, terj. Amruddin. Jakarta: Pustaka Azzam.

Al-Kirmani, Samsuddin. 2010. Syarhu Al-Kirmaanii ‘ala Sohihu Al-Bukhari Lebanon: Dar Al-Korob Al-Ilmiyah.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2013. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Baharits, Adnan Hasan Shalih. 2007. Mendidik Anak Laki-Laki, terj. Syihabuddin. Jakarta: Gema Insani.

Burhanudin, Nandang. 2009. Al-Qur’an Al-Karim. Surakarta: Ziyad Visi Media.

Covey, Stephen R. 2006. The 8th Habit: Melampaui Efektifitas Menggapai Keagungan, terj. Wandi S. Bratia & Zein Isa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Daryanto dan Suryati Darmiyatun. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Imron, Ali. 2012. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Iswanto, Denny. “Strategi Pendidikan Karakter di Sekolah: Mewujudkan Generasi Muda yang Berkualitas, Bebas dari Kenakalan Remaja”, dalam Abdul Wahid B.S. dan Arif Hiadyat (Ed.). 2013. Pendidikan Karakter: Wacana dan Kepengaturan. Purwokerto: Obsesi Press.

Johnson, LouAnne. 2008. Pengajaran yang Kreatif dan Menarik: Cara Membangkitkan Minat Siswa Melalui Pemikiran, terj. Dani Daryani. Jakarta: Indeks.

Karman, M. “Pendidikan Karakter: Sebuah Tawaran Model Pendidikan-Integralistik”, dalam Jejen Musfah (Ed.). 2012. Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif. Jakarta: Kencana.

Koesoema A., Doni. 2011. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Grasindo.

Koesoema A., Doni. 2011. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Grasindo. Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maunah, Binti. 2009. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Muhyidin, Muhammad. 2006. Buku Pintar Mendidik Anak Sholeh dan Sholehah Sejak dalam Kandungan sampai Remaja. Yogyakarta: Diva Press.

Muhyidin, Muhammad. 2006. Buku Pintar Mendidik Anak Sholeh dan Sholehah Sejak dalam Kandungan sampai Remaja. Yogyakarta: Diva Press.

Mulyasa, E. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mursidin. 2011. Moral Sumber Pendidikan: Sebuah Formula Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah/Madrasah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mustari, Mohammad. 2014. Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Naim, Ngainun. 2012. Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Prihatin, Eka. 2011. Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Rahman, Arif. 2013. Memahami Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. . Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2013. Metode Penelitian: Public Relation & Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran:Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Semiawan, Conny. 2008. Penerapan Pembelajaran pada Anak. Jakarta: Indeks.

Shihab, M. Quraish . 2000. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasihan Al-Qur’an, vol. 2. Jakarta: Lentera Hati.

Sujanto, Bedjo. 2011. “Etika Pendidikan: Dilihat dari Aspek Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan”, dalam Syaiful Sagala dan Syawal Gultom

(Ed.), Praktik Etika Pendidikan di Seluruh Wilayah NKRI. Bandung: Alfabeta.

Ulwah, Abdullah Nasih. 1999. Pendidikan Anak dalam Islam, terj. Jamaluddin Miri. Jakarta: Pustaka Amani. Wibowo, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiyani, Novan Ardi. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Teras.

.2013. Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.