UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN METODE QO’IDAH BAGHDADIYAH MA’A JUZ ‘AMMA (TURUTAN) DI KELAS 1A MI MA’ARIF NU 01 TRITIHKULON TAHUN PELAJARAN 2015/2016

A. Adibudin Al Halim, Wida Nurul ‘Azizah

Sari


Perkembangan sumber daya manusia berhubungan dengan upaya
peningkatan di semua lembaga pendidikan. Untuk itu diperlukan upaya
pengkajian semua unsur pada dunia pendidikan dan pengajaran agar serasi, terarah dan relevan dengan segala kebutuhan jangka pendek dan
jangka panjang. Pada era komunikasi global, diperlukan sumber daya
manusia yang handal dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,
serta beriman dan taqwa.

Huruf hijaiyah merupakan huruf penyusun kata dalam al-Qur’an. Seperti halnya di Indonesia yang memiliki huruf alphabet dalam menyusun sebuah kata menjadi kalimat, huruf hijaiyah juga memiliki peran yang sama. Menurut bahasa huruf artinya mata, tepi sesuatu ujung, sedangkan menurut istilah adalah suara yang berpegang atau tertekan pada Makhrajnya.

Penilaian hasil belajar merupakan komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Penilaian dalam program pembelajaran merupakan salah satu kegiatan untuk melihat tingkat pencapaian kurikulum dan berhasil tidaknya suatu proses pembelajaran. Proses pembelajaran melibatkan dua subyek, yaitu guru dan siswa akan menghasilkan suatu perubahan pada diri siswa sebgai hasil dari kegiatanpembelajaran.


Kata Kunci


Hijaiyah. Makhorijul Huruf, Juz Amma

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta 2014, PT Bumi Aksara, Metodologi Penelitian Agama, Tiara Wacana

Athaillah, 2010, Sejarah Al-Qur’an, Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Dimyati, Mudjiono, 2009, Belajardan Pembelajaran, Jakarta: PT RinekaCipta.

FaturrahmanPupuh, dan Sutikno Sobari, 2007, Strategi Belajar Mengajar, Bndung: PT. Refika Aditama

Ismail Tekan, 2004, Tajwid Al-QuranulKarim,Jakarta: Pustaka Al-HusnaBaru

KhallafWahab Abdul, 1996, Ilmu Ushul Fiqh, Jakarta: Gema RisalahPres

Muslich, Mansur, 2009, Melaksanakan PTK (PenellitianTindakanKelas) ituMudah. Jakarta: Bumi Aksara

Poerwadarmita ,WJS, 2005, KBBI ( KamusBesarBahasa Indonesia), Jakarta: BalaiPustaka

Purwanto, Ngalim, 1990. Prinsip-Prinsipdan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : RemajaRosdaKarya

Qo’idah Baghdadiyah ma’a Juz Amma, CV.Alwaah 1414 H

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, dan R & D, Bandung : Alfabeta

Surasman,2002, dalamukunya yang berjudul “Metode Al-Bayan, Cara CepatMembaca Al-Qur’an”

Syarbini Amirullah & Sumantri Jamhari, 2012, Kedahsyatan Membaca Al-Qur’an, Jakarta Selatan: PT Kawah Media

WiwiatmadjaRochiati, 2009, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: RosdaKarya


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.