ANALISIS PENGARUH PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN DI INSTITUT AGAMA ISLAM IMAM GHOZALI

Nani Kurniasih

Sari


Sistem informasi dalam perpustakaan yang didukung dengan adanya otomasi perpustakaan telah membuka pintu pengembangan kualitas perpustakaan ke arah yang lebih maju. Keberadaan pustakawan dan pelayanan yang memberikan akses ke jaringan perpustakan merupakan aktor kunci dalam kemajuan dan keberhasilan perpustakaan sebagai jantung pendidikan. Pelayanan yang diberikan merupakan salah satu aspek penting, karena merupakan sebuah aspek yang langsung menyentuh perasaan dari pengguna jasa perpustakaan. Sebuah perpustakaan berkaitan erat dengan pelayanan yang diberikan pemustaka atau bagian layanan termasuk fasilitas pendukung yang disediakan sebagai tolok ukur keberhasilan sebuah perpustakaan. Perpustakaan akan dinilai baik secara keseluruhan oleh para pengguna jika mampu memberikan layanan yang terbaik dan dinilai buruk secara keseluruhan jika layanan yang diberikan buruk.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan yang diberikan oleh pemustaka selaku pelaksana perpustakaan terhadap pengguna di perpustakaan Al Ghozali Cilacap dan juga untuk mengetahui  tingkat kepuasan mahasiswa selaku pengguna terhadap pelayanan yang diberikan oleh pemustaka di perpustakaan Al Ghozali Cilacap.

Untuk   mengetahui  tingkat  kepentingan  pelayanan  menurut  mahasiswa  dan  tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan yang diberikan oleh Perpustakaan Al Ghozali  Cilacap, penelitian ini menggunakan  Diagram Cartesius. dalam pengambilan sampel penelitian ini, teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan  random sampling.  Sedangkan data yang digunakan diantaranya adalah teknik kuesioner (angket) dan dokumentasi.

Hasil pengujian hipotesis yang meliputi    sikap  petugas perpustakaan, tanggapan terhadap keluhan mahasiswa,  fasilitas  tambahan, ketepatan  waktu/jadual pelayanan dan jumlah koleksi serta  jenis bahan bacaan menunjukkan bahwa para pengguna merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dan menganggap penting hal tersebut, akan tetapi pada    ketersediaan koleksi bahan bacaan dan  tarif denda para pengguna merasa kurang puas dan menganggapnya tidak penting.


Kata Kunci


Analisis Pelayanan; Kepuasan Pengguna; Perpustakaan

Referensi


Abdurrahman, Dudung, 1999. Metode Penelitian Sejarah. Jakarta: Logos Wacana

Aviliani, 1997, Membangun Kepuasan Pelanggan melalui Kualitas Pelayanan. Usahawan.

Darmono, 2007, Perpustakaan Sekolah : Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja. Gramedia Widasarana Indonesia, Jakarta

Ernawati, Endang. Kompetensi, Komitmen, Dan Intrapreneurship Pustakawan Dalam Mengelola Perpustakaan Di Indonesia.Artikel.Bina Nusantara Digital Library.

Gaspersz, V, 1997. Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa, Jakarta: PT. Gramedia

Hadiati, Sri, Sarwi Ruci, 1999. September 1999. Universitas Kristen. Petra.http://puslit.petra.ac.id/journals/management/.

Herawaty, H. 1997, Mei, Kampanye Features Telkomsel, Halo-Halo

Hutabarat, Jemsly, 1997, Mei. Visi Kualitas Jasa Membahagiakan Pelanggan: Kunci Sukses Bisnis Jasa, Usahawan,

Kuswadi, 2004. Cara Mengukur Kepuasan Karyawan.PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Mahmudin, 2006. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Pelatihan Singkat Pengelolaan Perpustakaan Di Lingkungan Universitas Pasundan. Universitas Pasundan.

Naryawan, 2011, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pengguna Jasa Perpustakaan Referensi. FE Undip

Poerwanto, Hendra. 2000. Mengevaluasi Kualitas Layanan Jasa dengan Menggunakan Model4D. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 2, No. 2, September 2000: 59 – 67. Universitas Kristen Petra http://puslit.petra.ac.id/journals/management/.

Pus. Al Ghozali Cilacap, 2000, Buku Panduan Perpustakaan Al Ghozali Cilacap

Qolyubi, Syihabuddin, 2007, Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan informasi, Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi, UIN Sunan Kalijaga

Rahayuningsih,2007 : Pengelolaan Perpustakaan, Yogyakarta: Graha Ilmu

Rangkuti, Freddy, 2002. Measuriming Customer Satisfaction. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. PT. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Ratnawati, P, 2001. Mengukur Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pendidikan. www.Depdiknas.go.id.

Rohanda, 2000. Fungsi Dan Peranan Perpustakaan Sekolah.

Soetjiptomo, Budi W. 1997, Januari, Service Quality: Alternatif Pendekatan Berbagai Persoalan di Indonesia. Usahawan

Suharsini, Arikunto, 1998, Prosedur Penelitian, Jakarta :PT. Rinneke Cipta

Suhernik, —. Superior Dan Layanan Prima Sebagai Bentuk Kepribadian Dan Layanan Berkualitas Bagi PustakawanProfesional. Perpustakaan Universitas Airlangga.

Sutardji dan SriIsmiMaulidyah, 2000. Analisis Beberapa Faktor Yang Berpengaruh Pada Kepuasan Pengguna Perpustakaan: Studikasusdi Perpustakaan Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian Malang. Jurnal Perpustakaan Pertanian Vol.15, Nomor 2, 2006. http://www.pustakadeptan.go.id/publikasi/pp152062.pdf.

Sutarno, NS. 2006, Perpustakaan dan Masyarakat, Jakarta: CV. Sagung Seto,

Tjiptono, F. 1997, Total Quality Service, Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi Offset

Widyaratna, Theresia, Danny dan Filicia Chandra, 2001. Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Terhadap Tingkat Penjualan di Warung Bu Kris. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan. Vol. 3 ,No. 2, September 2001: 85–95. Universitas Kristen Petra http://puslit.petra.ac.id/journals/management/


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.