PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM PEMBELAJARAN IPA (SAINS) UNTUK MATA KULIAH PILIHAN di PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FAKULTAS TARBIYAH, INSTITUT AGAMA ISLAM IMAM GHOZALI (IAIIG) CILACAP 2016

Wida Nurul Azizah

Sari


Tujuan penelitian pengembangan ini adalah bertujuan untuk (1) menghasilkan produk modul praktikum pembelajaran IPA (SAINS) yang layak untuk digunakan berdasarkan kelayakn isi, penyajian, bahasa dan layout sesuai dengan standar buku yang baik. (2) dapat menjadi inspirasi dan bahan belajar sendiri dalam proses pembelajaran setelah menjadi sarjana. Penelitian pengembangan Modul Praktikum Pembelajaran IPA (SAINS) menggunakan 5 tahapanyaitu;tahap pengamatan pendahuluan(observasi awal), tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap uji coba awal, dan tahap terakhir adalah tahap revisi produk.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tersusunnya Modul Praktikum Pembelajaran IPA (SAINS) dengan tingkat kelayakan berdasarkan penilaian oleh para ahli materi/isi diperoleh persentase sebesar 79.5 % termasuk kategori layak, penilaian ahli penyajian diperoleh persentase sebesar 78 % termasuk kategori layak, penilaian ahli bahasa dan layout dengan persentase sebesar 75.8 % termasuk kategori layak.


Kata Kunci


Modul; Praktikum; Pembelajaran IPA

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kimia. Bandung: ALFABETA

Amri S dan Ahmadi. (1997). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya

Anwar, Ilham. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. Bandung

Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.